Sengit! F-16 TNI AU Terlibat Pertempuran 2 Lawan 1 dengan F-35 Australia di Langit Manado

Sabtu, 23 September 2023 - 04:04 WIB
Dalam pertempuran itu, pesawat "Red 1" tertembak jatuh. Kemudian, pesawat "Red 2" masuk menyerang, dan kedua pesawat "Blue" harus siaga menghadapi serangan dadakan setelah mengeroyok pesawat "Red 1".



Latihan DACM tersebut, dilaksanakan untuk menguji kemampuan taktis dan keahlian para penerbang tempur dalam taktik air combat atau pertempuran udara, untuk kerjasama menyerang dan bertahan dalam Flight Team.

Menurut Komandan Flight Latihan Skadron Udara 3 Lanud Iswahyudi, Kapten Pnb. Windi "Lion" Darmawan, pertarungan udara dalam skenario 2V1+1 menguji kecepatan reaksi, manuver, dan koordinasi antara pesawat F-16 Fighting Falcon TNI AU dan F-35 RAAF.



"Dalam latihan inilah, para penerbang tempur dari kedua negara menunjukkan keterampilannya dalam menjalankan tugas ini, dan menciptakan momen bersejarah di langit Manado," ungkap Dermawan.

Dia menambahkan, latihan ini juga bertujuan memperkuat diplomasi pertahanan kedua negara, serta upaya membangun kepercayaan di antara kedua angkatan udara. Dalam latihan tersebut, para penerbang dari kedua negara juga bertukar informasi dan pengalaman untuk meningkatkan kemampuan dan kerjasama.



Latihan Bersama Elang Ausindo 2023 yang digelar rutin setiap tahun ini, diharapkan mampu berkontribusi positif terhadap terciptanya keamanan dan stabilitas kawasan. Selain itu, juga untuk mempererat hubungan Indonesia dan Australia.
(eyt)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More