Misteri Pemberontakan Penjahat Caya Raja yang Digagalkan Raja Singasari Kertanagara

Minggu, 27 Agustus 2023 - 06:14 WIB
Peninggalan kerajaan Singasari. Foto/Ilustrasi/Kemendikbud
MALANG - Kertanagara membawa Kerajaan Tumapel atau yang dikenal dengan Singasari ke masa kejayaan. Konon di masa Kertanagara inilah wilayah kekuasaan Kerajaan Singasari mulai diperluas hingga ke luar Pulau Jawa.

Ekspedisi Pamalayu ke Semenanjung Malaya untuk menaklukkan beberapa wilayah kerajaan lain menandai ambisi Kertanagara meluaskan kekuasaannya. Namun sebelum ekspedisi itu dimulai konon ada pemberontakan yang diinisiasi penjahat bernama Caya Raja.

Kisahnya termaktub dalam Kakawin Nagarakretagama pupuh 41/5. Pada naskah kuno karya Mpu Prapanca ini diceritakan bahwa raja Kertanagara membinasakan seorang penjahat yang bernama Caya Raja. Peristiwa itu terjadi sebelum ekspedisi ke Melayu.

Namun nama Caya Raja tidak terdapat dalam Pararaton. Dalam Pararaton, diceritakan bahwa raja Kertanagara membinasakan Kalana Bhaya. Beberapa pakar sejarah sebagaimana dikutip dari "Menuju Puncak Kemegahan : Sejarah Kerajaan Majapahit" masih bersilang pendapat.





Asal Usul Nama Ken Arok, Raja Pertama Kerajaan Singasari

Pada catatan peneliti sejarah sekaligus filolog Belanda Prof. Berg menunjuk adanya keserupaan bentuk huruf Jawa bha dan e berdasarkan edisi Nagarakretagama halaman 106. Demikianlah inti pendapat Prof. Berg untuk menyelesaikan persoalan Caya Raja atau Kalana Bhaya.

Pada tahun Saka 1202 atau tahun Masehi 1280, sepuluh tahun sesudah pembinasaan Caya Raja, Raja Kertanagara menyirnakan Mahisa Rangkah, sebagaimana ada pada Negarakertagama Pupuh 42/1. Juga terhadap pemberitaan ini Prof. Berg memberikan pembahasan yang senafas dengan pembahasan.
(hri)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More