5 Fakta Menarik Salatiga, Kota yang Menjadi Duplikat Belanda karena Keindahannya

Rabu, 23 Agustus 2023 - 08:24 WIB
Sejarah kota Palembang sendiri bersumber dari Prasasti Kedukan Bukit yang berada di Desa Karanganyar, Kecamatan Gandus. Sementara Salatiga bersumber dari Prasasti Plumpungan yang berada di Desa Plumpungan, Kelurahan Kauman Kidul, Kecamatan Sidorejo.



3. Berjuluk Kota Mini



Salatiga dijuluki kota mini karena kota ini memiliki banyak pendatang dari berbagai daerah di Indonesia. Sebagian besar pendatang di Salatiga berasal dari Bali, Aceh, Medan, Sulawesi, Kalimantan, NTT, NTB, Maluku, dan Papua.

Para pendatang ini, umumnya ke Salatiga bertujuan untuk menuntut ilmu, bekerja, atau berdagang. Di Salatiga Lah, ada berbagai suku dan budaya hidup rukun berdampingan.



4. Kota yang Pernah Menjadi Duplikat Belanda



Salatiga adalah kota yang memiliki banyak keindahan dan keunikan. Jika berada di kota ini bakal banyak menemukan bangunan-bangunan bersejarah yang bercorak arsitektur Eropa.

Salah satunya yaitu gedung Baron Van Hakeren Van De Sloot atau Gedung Papak. Kota ini juga dulunya dijuluki sebagai duplikat dari Belanda dan De Schoonste Van Midden Java atau kota terindah di tengah Jawa.



5. Kota dengan Toleransi Tertinggi Kedua di Indonesia



Dikutip dari laman resmi jatengprov.go.id, Salatiga pada tahun 2022 lalu telah mendapatkan penghargaan sebagai Kota Tertoleransi kedua se-Indonesia menurut Indeks Kota Toleran (IKT) tahun 2022 yang diselenggarakan Setara Institute, di Jakarta, Kamis (6/4/2023).
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More