5 Fakta Menarik Kota Pasuruan, Daerah yang Memiliki Banyak Pondok Pesantren

Selasa, 08 Agustus 2023 - 11:09 WIB
Pasuruan dikenal sebagai kota santri karena banyaknya pesantren dan ulama yang berasal dari daerah ini. Foto/Ist
JAKARTA - Pasuruan merupakan nama dari sebuah kabupaten dan kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur . Wilayah ini dikenal sebagai kota santri karena banyaknya pesantren dan ulama yang berasal dari daerah ini.

Hal tersebut membuat Pasuruan dijuluki Kota Santri . Namun, ada sejumlah fakta menarik lainnya dari kota Pasuruan.

Dilansir dari berbagai sumber, SINDOnews telah merangkum fakta menarik yang ada di Kota Pasuruan sebagai berikut.

Fakta Menarik Kota Pasuruan

1. Kota Kelahiran Pejuang Kemerdekaan

Pasuruan menjadi salah satu kota yang melahirkan banyak pejuang kemerdekaan. Salah satu pejuang dan pahlawan kemerdekaan yang lahir di kota ini, yaitu Douwes Dekker.

Douwes Dekker merupakan salah satu pendiri Indische Partij, partai politik pertama yang menuntut kemerdekaan Indonesia dari Belanda. Dia juga seorang wartawan, aktivis, dan penulis yang kritis terhadap penjajahan Belanda.



Dalam riwayatnya, ia pernah menulis buku Max Havelaar yang terkenal. Buku tersebut berisi tentang kritik terhadap sistem tanam paksa yang diterapkan oleh pemerintah kolonial Belanda di Indonesia pada abad ke-19.



2. Tempat Berdirinya Masjid Pertama yang Mengadopsi Arsitektur Tionghoa

Salah satu tempat ibadah yang unik di Pasuruan adalah Masjid Cheng Ho, yang berlokasi di Kecamatan Pandaan. Masjid ini merupakan salah satu dari beberapa masjid besar di Indonesia yang mengabadikan nama Laksamana Cheng Ho, seorang pelaut dan penjelajah muslim asal China yang terkenal.

Masjid ini memiliki arsitektur yang kental dengan gaya khas Tionghoa, seperti atap bersusun, warna merah dan kuning, serta lampion dan tulisan China. Jika dilihat dari bentuknya, masjid ini juga memadukan unsur budaya Arab dan Jawa dalam struktur dan ornamennya.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More