5 Fakta Unik Kota Purwokerto, Kota Mendoan hingga Toko Roti Tertua

Minggu, 16 Juli 2023 - 07:01 WIB
Purwokerto merupakan Ibu Kota dari Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah dikenal sebagai kota pelajar, kota satria, kota mendoan hingga kotanya para pensiunan. Foto/Istimewa
PURWOKERTO - Purwokerto merupakan Ibu Kota dari Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Kota yang satu ini biasa dikenal sebagai kota pelajar, kota satria, kota mendoan hingga kotanya para pensiunan.

Kota Purwokerto tergolong kota yang sangat unik dan menarik. Pasalnya dikota ini banyak peninggalan bangunan bersejarah hingga lahirnya para pahlawan pembela tanah air.

Berikut ini adalah lima fakta unik dari Kota Purwokerto:

1. Tempat Berdirinya Bank Rakyat Indonesia



Purwokerto merupakan tempat berdirinya Bank Rakyat Indonesia (BRI). Dalam sejarahnya, BRI didirikan pada tahun 1895 oleh Raden Bei Aria Wiraatmaja dengan nama De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden.





Pada masa kolonialisme di Indonesia, bank tersebut banyak mengalami perubahan nama. Setelah Indonesia merdeka, pemerintah menetapkan organisasi tersebut sebagai bank pemerintah dengan nama Bank Rakyat Indonesia.

2. Kota Pemilik Toko Roti Tertua di Indonesia



Purwokerto juga menjadi kota pemilik toko roti tertua pertama di Indonesia, yaitu Toko Roti Go. Konon, toko roti tersebut sudah ada sejak tahun 1898, tahun ini umurnya sudah mencapai 125 tahun.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More