Peduli Lutra, Masyarakat dan Pemkab Gowa Kirim 4 Truk Bantuan Kemanusiaan

Kamis, 23 Juli 2020 - 16:03 WIB
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan saat melepas empat truk bantuan kemanusiaan untuk Kabupaten Lutra. Foto/SINDOnews/Herni Amir
SUNGGUMINASA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa bersama masyarakat dan organisasi sosial setempat mengirim bantuan kemanusiaan untuk korban banjir bandang di Kabupaten Luwu Utara (Lutra). Beragam bantuan itu dimuat dalam empat truk yang dilepas langsung oleh Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, di halaman rumah jabatan, Kamis (23/7/2020).

Bupati Adnan mengatakan bantuan ini merupakan bentuk kepedulian dan panggilan nurani untuk membantu sesama yang tertimpa musibah di Kabupaten Lutra, khususnya di wilayah Masamba. Diharapkan bantuan ini bisa meringankan penderitaan korban bencana.



"Bantuan yang kita berikan ini berasal dari seluruh elemen Kabupaten Gowa, baik dari pemerintah daerah, pramuka, organisasi sosial, hingga masyarakat. Bantuan ini tidak melihat berapa besar bantuan, tetapi yang terpenting merupakan wujud nyata bahwa kita peduli dengan sesama," ucapnya.

Masih lekat di ingatan Bupati Gowa saat banjir dan longsor melanda wilayahnya pada tahun lalu. Aksi solidaritas berupa pengiriman relawan dan bantuan tidak pernah putus. Olehnya itu, tatkala daerah lain di Sulsel dilanda bencana, pihaknya merasa terpanggil untuk mengirimkan bantuan.



Kendati demikian, ia mengimbau agar ketika menyalurkan bantuan tetap menerapkan protokol kesehatan. Di antaranya yakni wajib menggunakan masker, jaga jarak dan rajin cuci tangan agar ketika kembali ke Kabupaten Gowa bisa tetap sehat.

"Mudah-mudahan kita semua yang berangkat ke Masamba membawa bantuan diberikan keselamatan. Saya titip tetap menjaga protokol kesehatan meskipun kita semua membawa misi kemanusiaan tetapi saya berharap tetap menjaga diri agar tidak tertular COVID-19," harap orang nomor satu di Gowa itu.



Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Ikhsan Parawansa, menambahkan bantuan kemanusiaan yang dikirim sangat beragam. Di antaranya yakni air minum, beras, makanan siap saji, tenda, perlengkapan bayi dan obat-obatan. "Intinya kebutuhan dasar dan kelengkapan lainnya yang dibutuhkan masyarakat Lutra saat ini," ungkapnya.

Terkait penyaluran bantuan tersebut, Ikhsan mengaku akan membawa ke posko induk penanganan banjir di Masamba sesuai prosedur tetap kebencanaan yang berlaku. Selanjutnya, pihaknya menyerahkan kepada otoritas setempat mendistribusikan bantuan agar benar-benar tepat sasaran.
(tri)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More