Kasan dan Susiana Berangkat Haji karena Rajin Nabung Recehan Hasil Jualan Tahu sejak 1983

Senin, 22 Mei 2023 - 14:23 WIB
Kasan dan Susiana, pasutri asal Lumajang berangkat haji tahun ini setelah gigih menabung selama puluhan tahun dari hasil berjualan tahu. Foto/ iNews TV/Yayan Nugroho
LUMAJANG - Keinginan kuat disertai usaha yang gigih menabung selama puluhan tahun dari hasil berjualan tahu membuat pasangan suami istri (pasutri) asal Lumajang, Jawa Timur ini bisa berangkat menunaikan ibadah haji tahun ini.

Rona bahagia terpancar dari wajah Kasan dan Susiana, warga Dusun Karang Cukup, Desa Kunir Kidul, Kecamatan Kunir Lumajang. Cita-cita keduanya terkabul setelah menabung puluhan tahun untuk biaya keberangkatan ibadah haji 2023.



Pasutri yang berprofesi sebagai penjual tahu ini akhirnya dapat berangkat melaksanakan ibadah haji tahun ini.

Perjuangan mereka untuk mendapatkan biaya naik haji memang tidak mudah. Sejak 1983, Kasan dan Susiana selalu menyisihkan hasil berjualan tahu mulai dari Rp1.000 hingga Rp5.000 setiap hari.

Setelah uang terkumpul cukup banyak, Kasan dan Susiana memberanikan diri untuk mendaftar haji pada 2011 lalu. sembari terus menabung untuk membayar biaya pelunasan haji.

Perjuangan dan penantian selama 12 tahun berbuah manis, Kasan dan Susiana akhirnya bisa berangkat melaksanakan ibadah haji tahun ini.



Rasa syukur dan bahagia pasangan suami istri ini tak henti-hentinya terucap dalam doa. Lantaran tak lama lagi mimpinya datang ke tanah suci akan segera terwujud.

"Saya nggak punya sawah nggak punya tegal, hasilnya tahu itu tok (saja) mas. Jualan tahu sejak 1983. Cita-cita sejak ingin menyempurnakan rukun Islam. Dapat sedikit demi sedikit akhirnya saya bisa daftar haji, alhamdulillah," ujar Kasan.

Meski namanya telah tercatat sebagai calon jemaah haji 2023 namun setiap hari Kasan dibantu Susiana masih berjualan tahu.

Sesuai jadwal dari Kementerian Agama Kabupaten Lumajang, calon jemaah haji (Calhaj) asal Lumajang akan diberangkatkan pada 12 Juni 2023 mendatang.
(shf)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content