Resmikan Warung Gotong Royong, GMC Targetkan 200 Toko Binaan di Jabar

Sabtu, 20 Mei 2023 - 20:12 WIB
Relawan GMC Jabar meresmikan Warung Gotong Royong di Kota Bandung, Sabtu (20/5/2023). Program ini dalam upaya menggerakkan ekonomi lokal. Foto/Dok. SINDOnews
BANDUNG - Relawan Ganjar Milenial Center (GMC) Jawa Barat meresmikan Warung Gotong Royong di Kota Bandung. Program ini dalam upaya menggerakkan ekonomi lokal.

GMC Jabar bekerja sama dengan komunitas Gotong Royong Kota Bandung untuk membantu warung milik Iyan Wardian. GMC meresmikan warung milik Iyan yang kemudian dibantu tambahan permodalan, pembelajaran soal pembukuan, dan administrasi warung.

”Kita juga bantu pemasaran, kita ajak teman-teman buat nongkrong," kata Koordinator GMC Jabar Muhammad Hamdan Saifullah usai kegiatan di Jalan Jatiwangi, Kelurahan Antapani Tengah Kecamatan Antapani, Kota Bandung, Sabtu (20/5/2023).

Hamdan menuturkan, selain menyediakan barang kebutuhan sehari-hari dengan harga yang terjangkau, warung ini juga dapat menciptakan lapangan kerja. Dengan adanya usaha ini, Hamdan berharap dapat meningkatkan nilai ekonomi pemilik warung.

Ke depannya, warung ini akan dibuatkan perpustakaan, sejumlah kegiatan positif hingga musik. "Nanti kami bakal arahkan warung ini ke arah sana," tuturnya.

GMC menargetkan sekitar 200 warung binaan yang tersebar di seluruh kabupaten/kota di Jabar. Harapannya warung kelontongan binaan GMC nanti dapat menjadi pusat ekonomi yang aktif, mendukung kemandirian ekonomi masyarakat, serta menjadi model bagi inisiatif serupa di daerah lain. "Kemudian bisa kami jadikan koperasi," ucapnya.

Koordinator Komunitas Gotong Royong Bandung Agung Mulyana (26) senang dengan kolaborasi yang dilakukan dengan GMC Jabar. Keberhasilan meresmikan warung Gotong Royong ini menjadi bukti nyata semangat gotong royong dan kolaborasi yang kuat antara GMC, komunitas, dan masyarakat.

"Alhamdulillah, anak-anak bisa ngumpul untuk meramaikan (membeli) di warunganya Pak Iyan. Semoga GMC semakin maju," kata Agung.

Pemilik warung Iyan Wardian, mengaku bahagia karena ada GMC yang membantu agar warungnya lebih maju. "Seneng banget. (Semoga) bisa lebih baik, bisa lebih maju lagi," ucapnya.

Peresmian dilakukan dengan simbolis pemotongan pita oleh Iyan, didampingi Hamdan dan Agung yang disaksikan para relawan. Hamdan secara simbolis juga memberikan meja dan kursi untuk fasilitas warung.

Selain itu, komunitas Gotong Royong Bandung yang diwakili Agung, dan Iyan mendoakan agar Ganjar Pranowo menjadi Presiden Indonesia periode 2024-2029.
(poe)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content