40 Orang di Sampit Kalimantan Tengah Keracunan Takjil, 1 Tewas

Senin, 03 April 2023 - 03:02 WIB
Sebanyak 40 warga Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, mengalami keracunan makanan usai menyantak takjil saat bebrbuka puasa. Foto/iNews TV/Normansyah
KOTAWARINGIN TIMUR - Sebanyak 40 orang warga Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, mengalami keracunan makanan usai menyantap takjil saat berbuka puasa. Satu korban keracunan akhirnya meninggal dunia, dan sisanya masih di rawat di rumah sakit.



Rata-rata korban keracunan makanan ini mengalami gejala yang sama, yakni muntaber. Mereka dirujuk ke RSUD dr Murjani Sampit, untuk mendapatkan penanganan medis secara intensif, setelah sebelumnya sempat dirawat di Puskesmas.

Dari sebanyak 40 korban keracunan yang dirujuk ke RSUD dr Maurjani Sampit, sebanyak 17 korban harus menjalani rawat inap karena kondisinya parah. Sementara sisanya diperbolehkan pulang, dan menjalani rawat jalan.



Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Timur, Umar Kaderi mengatakan, informasi dari para korban keracunan makanan, menyebutkan rata-rata mengalami gejala yang sama usai menyantap makanan saat berbuka, yakni mual dan muntah disertai diare.



Diduga, warga yang keracunan makanan ini membeli takjil di salah satu rumah makan di Jalan Usman Harun Kecamatan Baamang, Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur. "Hasil pemeriksaan laboratorium di rumah sakit terhadap contoh makanan yang dikonsunsi para korban, ditemukan banyak bakteri ecoli pada kue ipau," ungkap Kaderi.



Diduga, bakteri ecoli pada kue ipau tersebut, yang menjadi penyebab para korban keracunan. Bupati Kotawaringin Timur, Halikinnor yang datang menjenguk para korban keracunan di RSUD dr Maurjani Sampit mengingatkan para pedagang makanan agar memperhatikan keamanan dan kesehatan masakan yang dijual, agar tidak menimbulkan keracunan.
(eyt)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content