Indef Ragu Paket Kebijakan Ekonomi Dongkrak Rupiah

Jum'at, 16 Oktober 2015 - 14:00 WIB
Indef Ragu Paket Kebijakan Ekonomi Dongkrak Rupiah
Indef Ragu Paket Kebijakan Ekonomi Dongkrak Rupiah
A A A
JAKARTA - Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Dzulfian Syafrian meragukan efektivitas berbagai paket kebijakan ekonomi yang dikeluarkan pemerintah terhadap penguatan rupiah.

Hal ini dapat dilihat tidak terjadinya penguatan signifikan setelah diumumkannya berbagai paket tersebut, khususnya paket I dan II. (Baca: Ini Tiga Paket Kebijakan Ekonomi September I Jokowi).

"Rasanya hanya paket III yang patut diapresiasi karena paket ini adalah tepat sasaran dan mudah dipahami," kata Dzulfian di Jakarta, Jumat (16/10/2015).

Dia menjelaskan, paket kebijakan III tepat sasaran lantaran kebijakan pada paket III fokus pada peningkatan daya beli masyarakat. Di mana permasalahan utama perekonomian pada jangka pendek saat ini.

"Sedangkan yang di maksud dengan mudah dipahami adalah karena paket III sangat konkret dan langsung dirasakan masyarakat," paparnya. (Baca: Ini Isi Lengkap Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi Jilid III).

Seperti diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang diwakilkan para menterinya dalam kabinet kerja kemarin merilis paket kebijakan ekonomi jilid IV. (Baca: Ini Paket Kebijakan Ekonomi Jilid IV Jokowi).

Dalam paket tersebut, kebijakan lebih difokuskan pada persoalan upah buruh, kredit usaha rakyat (KUR), hingga lembaga pembiayaan ekspor.

Baca Juga:

Ini Isi Paket Kebijakan Ekonomi September II Jokowi

Rupiah Siang Ini Kian Lemah, IHSG Berakhir di Zona Merah
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6444 seconds (0.1#10.140)