102 Inovasi Pengusaha Muda dari 3 Daerah di Indonesia Dipamerkan

Jum'at, 17 Maret 2023 - 10:11 WIB
102 pengusaha muda di Sidoarjo, Surabaya, dan Bandung Raya baru-baru ini memamerkan bisnis inovasi mereka. (Ist)
SURABAYA - 102 pengusaha muda di Sidoarjo, Surabaya, dan Bandung Raya baru-baru ini memamerkan bisnis inovasi mereka.

Acara itu dilakukan dalam kegiatan Apresiasi Kesuksesan Bisnis dan Pameran Pengusaha Muda Program YOUth Business Learning ASpiraTion (YOU-BLAST). Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Citibank N.A., Indonesia (Citi Indonesia) bersama Prestasi Junior Indonesia (PJI).

Dengan dukungan penuh Citi Foundation, sejak Maret tahun lalu, mereka telah mengikuti serangkaian pelatihan dan pendampingan intensif agar dapat mengelola bisnis secara lebih terstruktur dan mampu meningkatkan skala bisnis mereka secara berkelanjutan. Hasilnya, mereka mampu mengumpulkan total pendapatan bisnis hingga Rp 5,3 miliar dan menciptakan kesempatan kerja bagi 383 orang selama tujuh bulan beroperasi.

Data dari Kementerian Koperasi dan UMKM menujukkan bahwa UMKM di Indonesia mampu menyerap 97% dari total tenaga kerja di Indonesia serta berkontribusi terhadap PDB nasional sebesar 61%.

“Pengusaha muda merupakan aset besar perekonomian negara yang potensinya perlu dimaksimalkan demi menyokong ketenagakerjaan di Indonesia. Kami pun sangat bangga terhadap prestasi yang diraih oleh para peserta program YOU-BLAST dan kesempatan kerja yang mereka ciptakan untuk masyarakat sekitar,”



tutur Director and Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia, Puni A. Anjungsari.

Program YOU-BLAST ini merupakan pengembangan dari sejumlah inisiatif kewirausahaan PJI yang telah diimplementasikan di sejumlah daerah di Tanah Air, meliputi Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Blitar, Kabupaten Sampang, Kabupaten Pacitan, Kota Jayapura, dan Kabupaten Jayapura.

Berdasarkan pengalaman tersebut dan proses implementasi program YOU-BLAST tahun pertama, kegiatan Apresiasi Kesuksesan Bisnis ini juga berupaya untuk membagikan praktik terbaik mengenai model pelatihan yang efektif untuk mendorong peningkatan kapasitas dan skala bisnis UMKM. Informasi ini diharapkan dapat turut membantu pemerintah daerah dalam merancang kebijakan yang tepat sasaran untuk para pelaku UMKM pemula.

“Banyak wirausaha pemula yang memulai bisnis dengan pengetahuan yang minim dan tanpa melakukan perencanaan yang matang. Oleh karena itu, empat komponen penting untuk mendukung mereka dalam mengembangkan bisnis adalah pengetahuan manajemen bisnis, keterampilan pengelolaan keuangan personal dan bisnis, pemanfaatan teknologi untuk perluasan akses pasar, serta kepercayaan diri dan motivasi untuk berinovasi,” tutur Academic Advisor and Operations Counsel Prestasi Junior Indonesia, Robert Gardiner dalam pemaparannya.

Program YOUth Business Learning ASpiraTion (YOU-BLAST) akan segera memasuki tahun implementasi kedua untuk menjaring 300 pengusaha muda baru di Sidoarjo, Surabaya, dan Bandung Raya serta mendukung mereka dalam mengakselerasi peningkatan skala bisnisnya.

Demi mengoptimalkan manfaat program secara berkelanjutan di masa depan, Prestasi Junior Indonesia juga akan melibatkan secara aktif personel dari masing-masing pemerintah daerah dalam seluruh rangkaian pelatihan.
(nag)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More