Kisah Syekh Maulana Ishaq Keturunan Ulama Rusia yang Mampu Lenyapkan Wabah Penyakit

Senin, 06 Maret 2023 - 04:01 WIB
Makam Syekh Maulana Ishaq di Desa Kemantren, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan. Foto/Instagram/@lamongantourism
Penderitaan dialami rakyat Blambangan. Wabah penyakit melanda negeri di ujung timur Pulau Jawa tersebut. Bahkan, putri kerajaan, Dewi Sekardadu tak luput dari serangan wabah penyakit tersebut. Kondisi ini membuat Raja Menak Sembuyu panik, dan melakukan berbagai upaya untuk menyebuhkan putri dan rakyatnya.

Baca Juga: Kisah Karomah Syekh Maulana Ishaq

Para dukun dan ahli pengobatan dipanggil ke istana, untuk menyebutkan Dewi Sekardadu. Sayembara juga digelar oleh raja, untuk melenyapkan wabah penyakit tersebut. Raja akan menikahkan pria yang berhasil menyebuhkan Dewi Sekardadu, dan akan mengangkatnya sebagai raja muda, serta menyerahkan setengah dari wilayah Blambangan.

Di tengah kekalutan tersebut, Patih Blambangan, Bajulsengara melaporkan kepada Raja Menak Sembuyu tentang keberadaan seorang pertama aneh di Gunung Slangu. Dengan penuh keyakinan pertapa aneh itu akan dapat menyembuhkan Dewi Sekardadu, akhirnya raja memerintahkan patihnya untuk menjemput pertapa tersebut.





Pertapa yang disebut oleh Bajulsengara berperilaku aneh tersebut, ternyata Syekh Maulana Ishaq. Saat bertemu dengan Syekh Maulana Ishaq, Bajulsengara menyampaikan pesan dari raja meminta bantuan untuk menyembuhkan Dewi Sekardadu.

Mendengar apa yang disampaikan Bajulsengara, Syekh Maulana Ishaq akhirnya menyanggupi permintaan untuk menyembuhkan Dewi Sekardadu. Dia memberikan syarat, jika Dewi Sekardadu sembuh, maka Raja Menak Sembuyu diminya untuk memeluk Islam. Syarat tersebut disanggupi oleh raja, demi kesembuhan putrinya.

Setelah memanjatkan doa dan melakukan berbagai upaya, Syekh Maulana Ishaq mampu menyembuhkan Dewi Sekardadu. Seluruh janji yang pernah diucapkan Raja Menak Sembuyu, akhirnya direalisasikan, Dewi Sekardadu dinikahkan Syekh Maulana Ishaq, dan Raja Menak Sembuyu akhirnya memeluk Islam.

Sepenggal cerita rakyat itu, berkembang secara lisan di masyarakat Blambangan, yang kini menjadi wilayah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Cerita rakyat itu, menggambarkan kehadiran Syekh Maulana Ishaq, yang memiliki darah keturunan dari Rusia.

Syekh Maulana Ishaq adalah seorang ulama yang berasal dari Samarqand, yakni daerah di dekat Bukhara-Rusia Selatan. Dia adalah salah satu ulama periode pertama yang dikirim oleh Sultan Turki Ustmani ke nusantara, dengan spesialisasi ahli pengobatan.



Dia datang ke tanah Jawa pada 1404 Masehi, bersama dengan ayahnya Syekh Maulana Ahmad Jumadil Qubro (Husein Jamaluddin), dan kakaknya, Syekh Maulana Malik Ibrahim. Kisah karomah Syekh Maulana Ishaq berawal saat dia datang di Gresik tanah Jawa kemudian ke Blambangan.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More