Banjir Masih Genangi Kota Sorong Hingga Jumat (17/7/2020) Pagi

Jum'at, 17 Juli 2020 - 09:13 WIB
Dia juga berharap pemerintah setempat dapat segera mengambil langkah kongkrit untuk mengatasi bencana yang terparah saat ini. Juga membantu penduduk yang terkena musibah akibat banjir dan lonsgor, dengan menyalurkan bahan makanan dan air bersih, juga tenda dan obat-obatan.

Diberitakan sebelumnya, Hujan dengan intensitas tinggi yang melanda Kota Sorong sejak Kamis (16/07/20) sore, menyebabkan banjir bandang. Hampir seluruh wilayah Kota Sorong, Papua Barat terkena banjir. Ratusan rumah warga terendam banjir. Banjir kali ini paling parah dalam satu dekade terakhir.

Air meluap dari drainase yang buruk, diduga karena tumpukan sampah yang menutupi aliran air. Ratusan rumah penduduk di kota terendam banjir. Sejumlah jalan utama di Kota Sorong, juga tidak terlepas dari serangan banjir.

Sebuah rumah sakit milik TNI AL di kota itu dilanda banjir setinggi satu meter. Sejumlah pasien yang dirawat di rumah sakit terpaksa dievakuasi dari ruang perawatan ke tempat yang aman dari banjir.

Tidak hanya itu, salah satu masjid terbesar di kota itu tidak luput dari serangan banjir besar ini. Sejumlah jamaah masjid berusaha menyelamatkan barang elektronik dan peralatan salat.

Beberapa kali (sungai) juga meluap ke jalan. Kondisi banjir yang terjadi pada malam hari menyebabkan penduduk setempat kesulitan menyelamatkan diri. Ditambah dengan tingkat curah hujan yang sangat tinggi.

(Baca juga: Jumlah Pengungsi Banjir Bandang Luwu Utara Mencapai 14.483 )

Kepala tim pencarian dan penyelamatan, Afrisal mengatakan, Basarnas Kota Sorong, mengerahkan tiga tim untuk membantu menyelamatkan penduduk lokal yang terkena dampak banjir.

Pihaknya telah mengerahkan sejumlah pekerja penyelamat ke beberapa daerah di kota yang dianggap sangat terkena dampak banjir. Mereka berusaha menyelamatkan wanita dan anak-anak yang saat ini terjebak di dalam rumah-rumah penduduk.

Afrisal mengatakan, pihkanya akan terus siaga sampai banjir benar-benar surut. "Bencana banjir ini melanda hampir merata di semua wilayah di kota. Di tiga wilayah kota itu dilaporkan sangat parah. Selain banjir, tanah longsor juga terjadi. Sebanyak tiga orang tewas, dan tiga lainnya luka-luka akibat bencana banjir dan longsor," terangnya
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More