Sinergitas TNI AD Bersama Kemendagri Dalam Perspektif Intelijen di Daerah Perbatasan

Senin, 27 Februari 2023 - 16:09 WIB
Dialog interaktif yang dilaksanakan oleh Staf Intelijen Angkatan Darat (Sintelad) di Ballroom Sutan Raja Hotel and Convention Centre Soreang, Kabupaten Bandung Jawa Barat. (Ist)
SOREANG - Lagu kebyar-kebyar ciptaan penyanyi Gombloh terdengar dinyanyikan dengan penuh semangat oleh para peserta dialog interaktif yang dilaksanakan oleh Staf Intelijen Angkatan Darat (Sintelad) di Ballroom Sutan Raja Hotel and Convention Centre Soreang, Kabupaten Bandung Jawa Barat, Senin (27/02/2023).

Dialog tersebut dikuti oleh Camat di Daerah Perbatasan, Perwakilan Pos Lintas Batas Negara/PLBN, Kesbangpol, Kasatpol,Pegawai Pusat Kemendagri dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan/BNPP sebagai wujud cinta dan rela berkorban untuk membela tanah air Indonesia tercinta.

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya dari KSAD Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M. dalam mengoptimalisasikan sinergitas antar instansi guna mendukung program kerja Kemendagri/Kementrian Dalam Negeri tentang Keamanan, Ketentraman, Ketertiban masyarakat melalui dialog interaktif dengan topik “Peningkatan Naluri Intelijen Dalam Rangka Mewujudkan Kewaspadaan Dini dan Deteksi Dini".

Sementara di atas panggung tampak seorang Brigadir Jenderal memandu para peserta untuk semangat menghayati makna di balik lagu tersebut. Kali ini dipimpin langsung Wakil Asisten Intelijen Kepala Staf Angkatan Darat Bidang Manajemen Intelijen (Waas Intel Kasad Bid. Jemen Intel), Brigjen TNI Antoninho Rangel Da Silva, S.IP., M.Han yang mewakili KSAD sebagai Nara sumber dalam dialog Interaktif tsb.

Acara ini mengangkat mengaktualisasikan peran aparat pemerintahan sipil dalam bersinergitas dengan TNI dan Polri secara integratif, holistik, massif dan komprehensif tentang kewaspadaan dini dan pencegahan dini dengan harapan dapat menghentikan segala bentuk kegiatan intelijen lawan yang masuk ke Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Bukan tanpa sebab, menurut Brigjen TNI Antoninho, saat ini beragam kegiatan intelijen lawan yang masuk ke Indonesia melalui berbagai cara diantaranya paling mudah ialah melalui media sosial maupun dengan PROCY WAR.

Sebagai analogi, Brigjen TNI Antoninho menceritakan bagaimana seorang hantu bisa membuat pertumpahan darah hanya berawal dari melepas ikatan seekor keledai yang kemudian memakan tanaman seorang petani.

Dalam cerita tersebut, singkatnya petani marah dan membunuh keledai yang juga berbuntut pemilik keledai marah dan balas dendam kepada petani hingga terjadi pertumpahan darah.

Seperti itulah Brigjen TNI Antoninho menggambarkan bagaimana intelijen lawan berusaha untuk mengunakan media sosial dan bertindak sebagai hantu dan melepaskan banyak 'keledai' setiap harinya.

Keledai tersebut bisa berupa isu-isu yang memicu perpecahan, seperti Sara, intoleransi, propaganda, adu domba, separatis, teroris hingga provokasi lainnya yang sepatutnya ditanggapi dengan bijak dan dewasa oleh masyarakat di dunia maya atau akrab disebut netizen Indonesia.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content