Dramatis, Petugas Damkar Evakuasi Sarang Tawon Raksasa dari Atap Rumah Warga KBB

Rabu, 08 Februari 2023 - 10:00 WIB
Petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Bandung Barat secara dramatis mengevakuasi sarang tawon di atap rumah warga
BANDUNG BARAT - Petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Bandung Barat (KBB), secara dramatis berhasil mengevakuasi sarang tawon yang ada di atap rumah warga.

Evakuasi tersebut cukup menyulitkan karena sarang tawon yang akan dievakuasi ukurannya sangat besar. Bahkan untuk dimasukan ke dalam karung beras juga cukup sulit karena nyaris tidak masuk.

"Sarang tawonnya sangat besar, jadi petugas di lokasi harus ekstra hati-hati agar tidak terjadi serangan dari kawanan tawon tersebut," kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, KBB, Siti Aminah Anshoirah, Rabu (8/2/2023).

Menurutnya, sarang tawon berukuran lebih besar dari helm orang dewasa tersebut, berada di rumah milik Emak Eni. Lokasinya berada di Kampung Cisaroni Girang, Jalan Terusan Cisaroni Nomor 49, RT 02/14, Desa Cikahuripan, Kecamatan Lembang, KBB.

Baca juga: Tasikmalaya Geger! Pria Bersarung Pamer Alat Vital di Depan Konter Ponsel



Laporan adanya sarang tawon diterima oleh petugas Damkar Poswil Lembang, Selasa (7/2/2023) siang sekitar pukul 11.00 WIB. Kemudian petugas merespons dengan langsung meluncur ke lokasi. Proses penanganan baru bisa dilakukan sore hari dan butuh sekitar satu jam untuk mengangkat sarang tawon itu.

"Sarang tawon itu berada di langit-langit atap rumah, jadi anggota harus naik dulu menggunakan tangga masuk ke bagian atap," terangnya.

Danton Damkar Poswil Lembang KBB Masriadi menambahkan, proses evakuasi sarang tawon tersebut berjalan aman. Sebelum pengangkatan semua sudah diperhitungan baik safety anggota keluarga pemilik rumah dan juga personel Damkar yang bertugas.

"Semua berjalan lancar dan aman tidak ada yang terluka. Awalnya kami lakukan penutupan pada lubang dan penyuntikan dengan obat pada sarangnya, setelah itu baru sarang dibongkar," ujarnya.
(msd)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More