Ajak Masyarakat Berdialog Melalui Tulisan

Minggu, 10 Mei 2015 - 10:40 WIB
Ajak Masyarakat Berdialog Melalui Tulisan
Ajak Masyarakat Berdialog Melalui Tulisan
A A A
PALEMBANG - Menjabat 10 tahun sebagai dekan fakultas hukum Unsri Palembang, Prof Amzulian Rifai, S.H., LL.M., Ph.D mengisahkan banyak proses yang dilaluinya. Dalam peringatan tersebut, Amzulian sengaja menggelar syukuran yang dikemas dalam bentuk seminar bertemakan “Sinergitas Akademisi dan Media dalam Pembentukan Opini yang Berpihak Kepada Kebenaran”.

Acara digelar di FH Tower Unsri Kampus Palembang, kemarin. Rektor Unsri Prof Badia Perizade yang diwakili PR I Unsri Prof Anis Sagaff mengatakan, sosok Amzulian adalah karakter yang selalu memberikan motivasi bagi para senat rektorat, dekanat, dan tentunya mahasiswa. “Terlepas dari itu, sosok beliau berpenga ruh bagi pembangunan masyarakat Sumsel.

Karena bubuhan tulisan beliau disejumlah media banyak membuat perubahan yang berart ibagi banyak orang,” kata Anis. Sementara itu, Amzulian mengatakan, proses panjang tersebut tidak lepas dari dukungan keluarga, kerabat, mahasiswa, dan media di Sumsel khususnya Palembang yang telah membesarkan namanya. “Puji syukur selalu diucapkan atas proses ini. Sejak pertama jadi dekan fakultas hukum saya merasakan banyak perubahan bagi diri saya dan kampus Unsri, begitu juga bagi masyarakat Sumsel,” katanya.

Dia menuturkan, sejak menjabat April 2005 lalu, dirinya aktif menulis di berbagai media massa sejak 1988 dengan berbagai tema yang diangkatnya kala itu. Termasuk aktif menulis pada rubrik opini halaman satu KORAN SINDO PALEMBANG yang terbit setiap hari Senin. Segala hal yang bersifat kritik membangun dituang kannya dalam tulisan yang cerdas dan lugas.

“Kenapa saya selalu rajin menulis, sebab saya menginginkan dialog dengan masyarakat melalui tulisan. Kemudian saya ingin mempengaruhi orang di daerah ini (Sumsel) agar muncul penulis baru dan produktif di masa yang akan datang setelah saya,” katanya. Dari acara yang diadakan tersebut Amzulian juga berharap dapat memberikan manfaat dan selalu ada sinergitas antara akademisi dan media.

“Jika penulis dan media saling dukung mengenai tulisan dan publikasi, maka akan muncul keterbukaan tanpa adanya kepentingan,” tegas bapak satu putri dan tiga putra ini. Kabiro KORAN SINDO PALEM BANG Aina Rumiati Aziz yang berkesempatan menjadi pembicara dalam seminar tersebut mengatakan, jabatan yang diamanatkan Amzulian patut dihargai dan dihormati.

“Saya katakan secara subyektif karena beliau orangnya sangat serius dalam berjuang demi mencapai citacitanya,” katanya. Menurutnya, Amzulian termasuk orang yang luar biasa yang dimiliki Provinsi Sumsel karena ilmu pengetahuannya serta wawasannya dibagikan untuk kemajuan masyarakat.

“Semua persoalan yang ada di zaman sekarang ini mampu ia berikan solusinya. Mulai dari politik hukum, ekonomi, sosial, agama, pendidikan, dan segalanya dikuasai oleh beliau. Dan saya ungkapkan bahwa beliau ini seorang pintar melobi dalam hal kerjasama,” tandasnya.

cr-1
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7288 seconds (0.1#10.140)