Minta Maaf, Sepuluh Adik Sri Sultan Ziarah ke Makam Raja Imogiri

Rabu, 06 Mei 2015 - 18:23 WIB
Minta Maaf, Sepuluh Adik Sri Sultan Ziarah ke Makam Raja Imogiri
Minta Maaf, Sepuluh Adik Sri Sultan Ziarah ke Makam Raja Imogiri
A A A
BANTUL - Sejumlah pangeran yang juga adik Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X melakukan ziarah ke makam raja-raja Imogiri.

Rombongan pangeran yang terdiri dari Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH) Haryo Hadiwinoto, Gusti Bendoro Pangeran Haryo (GBPH) Prabukusumo dan GBPH Pakuningrat masuk kelokasi dari arah pintu timur.

Rombongan adik Sri Sultan memilih memulai doa mereka di makam Sri Sultan HB II yang terletak di sisi paling timur. Setelah masuk mereka langsung berdoa.Hingga pukul 17.30 WIB, rombongan adik Sri Sultan belum kelar memanjatkan doa di depan makam leluhur mereka.

GBPH Prabu Kusumo mengatakan, adik Sri Sultan semuanya ada 11,namun karena Gusti Hadi Suryo sedang berhalangan sakit, maka yang datang sepuluh.

Mereka datang ke makam raja Imogiri karena ingin nyekar (tabur bunga) dan memintakan maaf atas keputusan kakak mereka."Kami ingin memintakan maaf," tegas Gusti Prabu.

Sama seperti ketika berziarah ke makam Ki Ageng Pemanahan dan Ki Ageng Giring, mereka berdoa meeminta maaf kepada leluhur atas kekhilafan kakak mereka Sri Sultan HB X.

Sebab selama ini Sri Sultan telah melanggar aturan dengan menghilangkan sebutan Khalifatulloh dan mengganti Hamengku Buwono menjadi Hamengku Bawono."Yang paling krusial sebetulnya larangan mengucapkan Assalammu’alaikum di komplek keraton, " ujarnya.

Terkait dengan pengangkatan GKR Pembayun menjadi GKR Mangkubumi, ia enggan berkomentar. Karena baru akan dirapatkan, Rabu (6/5/2015) malam di rumah Prabu Kusumo.

Rapat tersebut juga menyikapi keinginan masyarakat yang ingin bertemu dengan pihak keluarga keraton di Rumah Dinas Gusti Yudho.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5357 seconds (0.1#10.140)