Aktivitas Vulkanik Gunung Dempo Menurun

Jum'at, 01 Mei 2015 - 19:04 WIB
Aktivitas Vulkanik Gunung Dempo Menurun
Aktivitas Vulkanik Gunung Dempo Menurun
A A A
PAGARALAM - Aktivitas vulkanik Gunung Api Dempo (GAD) mengalami penurunan dibanding sehari sebelumnya. Namun demikian status gunung api di Sumatera Selatan ini masih berada dilevel 2 yakni Waspada.

Meskipun demikian masyarakat harus tetap sadar bencana mengingat kondisi Gunung Dempo yang fluktuatif dan tidak bisa ditebak.

Kepala Pos Pemantau Gunung Api Dempo Pusat Mitigasi Bencana Geologi dan Vulkanologi Mulyadi menuturkan, saat ini kegempaan mengalami penurunan.

Hal ini diketahui berdasarkan alat seismograf di Pos Pemantau Kelurahan Dempo Makmur, Kecamatan Pagaralam Utara.

"Kegempaan mengalami penurunan. Kondisi ini jauh lebih sedikit dari sebelumnya. Namun, untuk status Gunung Api Dempo masih tetap waspada," kata Mulyadi, Jumat (1/5/2015).

Meskipun kegempaan mengalami penurunan, jelas Mulyadi, pihaknya tetap melakukan pemantauan intensif baik melalui visualisasi maupun melalui alat. Pasalnya, untuk laporan kondisi kekinian yang ada akan diberikan ke Pusat Vulkanologi Bandung.

"Semua aktivitas sekecil apapun akan kita laporkan. Sebab, untuk menaikan atau menurunkan status Gunung Api Dempo ini bukan kita melainkan Pusat Vulkanologi Bandung," timpal dia.

Saat ini, pihaknya tengah merincikan semua laporan dan akan segera dikoordinasikan. Dengan begitu, Pusat Vulkanologi Bandung bisa membaca kondisi kekinian Gunung Api Dempo.

"Kalau berdasarkan visualisasi Puncak Gunung Api Dempo tertutup awan. Pada pagi dan malam hari tampak terang dengan kondisi angin sedang," tuturnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7133 seconds (0.1#10.140)