Demi Juara Grup

Rabu, 29 April 2015 - 10:28 WIB
Demi Juara Grup
Demi Juara Grup
A A A
BANDUNG - Persib Bandung tak sabar memastikan tiket 16 besar AFC Cup 2015. Konsekuen sinya, Maung Bandung harus mengamankan minimal satu angka saat bertandang ke mar kas New Radiant di National Stadium, Male, Maladewa, pe tang nanti.

Persib sebenarnya memiliki peluang memastikan tiket saat menghadapi Lao FC, Rabu (16/4). Namun, ambisi itu harus ditunda karena Atep dkk dipaksa bermain imbang tanpa gol melawan klub asal Laos tersebut. Hasil tersebut membuat Persib membutuhkan satu angka lagi demi memastikan tiket ke fase knock out. “Kami sudah siap menjalani laga besok (hari ini),” kata Pelatih Persib Em ral Bin Bus ta mam.

Saat ini Persib, berada di pun cak klasemen sementara Grup H dengan perolehan 8 poin hasil dua menang dan dua imbang. Sedangkan New Radiant berada di peringkat tiga dengan 4 poin hasil satu kali menang, satu kali imbang dan dua kali kalah. Wajar jika Persib diunggulkan karena selama babak penyisihan grup, tim Kota Kembang belum mengalami kekalahan.

Bah kan Atep dkk memiliki modal kepercayaan diri yang tinggi menghadapi NewRadiant ini mengingat dileg pertama lalu, Persib berhasil meraih ke menangan dengan skor cukup telak 4-1. Meski hanya membutuhkan tambahan satu poin, Persib tetap mematok target meraih angka penuh. Alasannya, Maung Bandung tidak mau sekadar lolos, tapi juga ingin menjadi pemuncak klasemen agar di babak 16 besar nanti, Persib bisa menjadi tuan rumah.

“Kita sangat fokus pada laga ini karena untuk Liga (QNB League) para pemain belum pikir ke situ. Jadi kita percaya pemain fokus kepertandingan besok,” tambah Emral. Jika ada yang perlu di waspadai Persib adalah motivasi dari New Radiant. Selain bermain di kandang sendiri, New Radiant juga memiliki pelatih anyar.

Juara bertahan Liga Dhivehi atau Liga Maladewa itu saat ini diarsiteki Mohamed Sobah yang sebelumnya menjabat sebagai asisten pelatih. Sobah menggantikan pelatih Amir Alagic yang mengundurkan diri karena alasan keluarga. Padahal pelatih berpaspor Bosnia dan Australia ini baru saja menangani New Ra diant menggantikan pelatih asal Finlandia Mika Lonnstrom yang kurang bersinar setelah permainan buruk New Radiant di laga awal AFC Cup 2015 menghadapi Persib dileg pertama lalu.

Dari materi pemain, New Radiant tidak kalah kelas de ngan para pemain Persib. Mereka diperkuat eks striker Liverpool U-18 David Moli dan tujuh pemain tim nasional (timnas) Maladewa. “Saya rasa pasti ada perbedaan filosofi dari tiap pe latih. Pelatih yang lama gimana filosofinya, yang baru beda lagi. Mudah-mudahan pergantian pelatih itu ada manfaatnya buat kita. Kita yang pelatihnya udah lebih lama bisa lebih padu lah,” tuturnya.

Dengan begitu, dia berharap para pemainnya tetap menampilkan permainan terbaiknya. Apalagi anak asuhnya bertekad untuk membawa Persib menjadi juara grup H. “Saya sering sampaikan pada mereka (pemain Persib) juara grup itu sangat berarti. Menang disana akan lebih membuka peluang kita untuk lolos kefase berikutnya,” tegasnya.

Namun demikian, saat akan menggelar uji coba lapang di National Stadium Male, Persib tidak diperkenankan mengguna kannya. Sebab, pada waktu yang bersamaan, stadion tersebut akan digunakan tim Maladewa lainnya, Maziya yang akan menjamu tim asal India, JWS Bengaluru pada lanjutan penyisihan Grup EAFC Cup. Imbasnya, uji coba lapangan dipindahkan kelapangan sepak bola yang ada di Kota Male lainnya.

“Tapi kita tidak masalah mau dimana latihannya, karena hal itu tidak mengubah tekad pemainnya untuk meraih poin penuh,” kata Emral. Ambisi serupa diungkapkan Manajer Persib Umuh Muchtar. Pihaknya tidak akan melakukan protes keras meski skuadnya tidak dapat berlatih diStadion yang akan menjadi tempat pertandingan timnya melawan New Radiant. “Ya enggak apaapa tidak uji coba di lapangan aslinya. Masih ada lapangan lain. Kita tidak protes atau ngeyel, jalani saja,” tandasnya.

Muhammad ginanjar
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5017 seconds (0.1#10.140)