Pemakaman Zainal Abidin Hanya Dihadiri Seorang Keluarga

Rabu, 29 April 2015 - 09:46 WIB
Pemakaman Zainal Abidin Hanya Dihadiri Seorang Keluarga
Pemakaman Zainal Abidin Hanya Dihadiri Seorang Keluarga
A A A
CILACAP - Pemakaman Zainal Abidin satu-satunya WNI yang menjalani eksekusi mati di Lapangan Tembak Limus Buntu, Nusakambangan, Cilacap, ternyata hanya dihadiri satu orang keluarga.

Setelah dieksekusi pria kelahiran Palembang ini justru harus terasing dari kampung halamannya karena langsung dimakamkan di TPU Karang Suci, Desa Donan, Kecamatan Cilacap Tengah, Cilacap.

Pria kelahiran 19 September 1945 ini dimakamkam pagi tadi sekitar pukul 06.00 WIB. Pemakamannya berlangsung singkat hanya dihadiri oleh seorang adiknya dan sejumlah warga setempat.

Makamnya berada di areal tengah kompleks pemakaman dengan nisan terbuat dari batu. Tidak tampak ada bunga yang ditaburkan di atas gundukan tanah makam berukuran sekitar 1x2 meter tersebut.

Seorang pria yang disebut sebagai adik Zainal yang hadir di pemakaman menolak diwawancarai usai pemakaman. Dia langsung pergi dari TPU ketika pemakaman selesai.

Salah seorang warga setempat Wati (46) mengatakan, tempat pemakaman Zainal Abidin ditentukan oleh kejaksaan dan kepolisian.

"Dia tidak punya keluarga di sini. Baru kali ini warga tahu," kata Wati kepada Sindonews.com, Rabu (29/4/2015).

Wati menyebut warga tidak keberatan dan tetap mempersilahkan dilakukannya pemakaman bagi jenazah Zainal meskipun bukan warga setempat. "Kami mempersilahkan," kata dia.

Zainal Abidin dieksekusi mati karena kepemilikan ganja seberat 58,7 kilogram pada 2000 silam.

Vonis mati diperoleh setelah dia mengajukan banding atas vonis 15 tahun dalam persidangan tingkat pertama di Pengadilan Negeri (PN) Palembang. Upaya PK dan grasi yang diajukkannya gagal.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4257 seconds (0.1#10.140)