Terobos Perlintasan, Truk Ditabrak KA

Rabu, 29 April 2015 - 09:37 WIB
Terobos Perlintasan, Truk Ditabrak KA
Terobos Perlintasan, Truk Ditabrak KA
A A A
PEMATANGSIANTAR - Sebuah lokomotif menabrak truk tronton bermuatan tembakau di lintasan KA Jalan Tambun Timur, Kelurahan Tambun Nabolon, Kecamatan Siantar Martoba, Selasa (28/4) pagi.

Informasi yang dihimpun KORAN SINDO MEDAN, menyebutkan, lokomotif dengan masinis Sumardi, 53, datang dari arah Tebingtinggi menuju Pematangsiantar untuk menarik gerbong kereta penumpang jurusan Pematangsiantar-Tebingtinggi Medan. Setibanya di lokasi kejadian, lokomotif menabrak bagian belakang truk tronton berisi tembakau yang melintas saat lokomotif tiba.

Sumardi melanjutkan, sebelumnya sudah memberikan tanda-tanda saat lokomotif akan melintas. Namun, Bekman Gultom yang mengendarai tronton dengan nomor polisi B 9858 UU ini tidak memedulikannya. Bekman tetap menjalankan truknya melintasi rel KA. Akibatnya bagian belakang truk tertabrak. “Saya sudah memberi aba-aba dengan membunyikan tanda. Bahkan, warga juga sudah memberikan peringatan, namun truk tetap melintas,” kata Sumardi.

Dia menambahkan, lokomotif bernomor BB 30337803 seharusnya akan menarik gerbong KA ekspres jurusan Pematangsiantar– Tebingtinggi–Me dan. Namun, akibat insiden tersebut, jadwal keberangkatan terganggu, dan belum diketahui kapan diberangkatkan.

Sementara itu, pengemudi truk, Bekman Gultom, mengaku tidak mendengar tanda peringatan jika lokomotif akan melintas. Sementara sebagian badan truk sudah melewati lintasan KA. ”Setelah dekat saya baru melihat lokomotif melintas, namun tabrakan tidak bisa terhindarkan,” ujar Bekman.

Sementara warga setempat, Helmi, 58, meminta PT KAI memasang palang di lintasan KA untuk mencegah terulangnya kecelakaan dilokasi yang merupakan salah satu ruas jalan yang sering dilintasi pengguna jalan.

Kepala Unit (Kanit) Kece-lakaan Lalu Lintas (Lakalantas), Polresta Pematangsiantar, Aiptu JM Purba, mengatakan, masih menyelidiki penyebab tabrakan lokomotif dan truk tronton tersebut. Saat ini pihaknya memintai keterangan masinis dan pengemudi truk. Namun, menurutnya, tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

Petugas PT KA di Stasiun KA Pematangsiantar, Abdi, mengatakan, belum dapat memastikan apakah keberangkatan penumpang dibatalkan atau tidak.

Ricky hutapea
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6899 seconds (0.1#10.140)