Talud Setinggi 8 Meter Terjang Dua Rumah

Sabtu, 25 April 2015 - 10:37 WIB
Talud Setinggi 8 Meter Terjang Dua Rumah
Talud Setinggi 8 Meter Terjang Dua Rumah
A A A
SALATIGA - Talud setinggi sekitar delapan meter di RT 03 RW V Kelurahan Kutowinangun Kidul, Kecamatan Tingkir, Salatiga longsor, Kamis (23/4) petang.

Material tanah dan batako menimpa dua unit rumah warga setempat, yakni milik Even dan Darmanto. Akibatnya, dua unit rumah tersebut rusak. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Hanya, kerugian kerusakan dua rumah tersebut ditaksir mencapai Rp20 juta.

Informasi yang dihimpun wartawan, kemarin menyebutkan, sebelum kejadian, wilayah Kecamatan Tingkir diguyur hujan deras selama sekitar lima jam. Talud tersebut longsor karena diterjang arus air hujan. “Saat kejadian saya dan anakanak berada di dalam rumah. Tiba-tiba kamar mandi dan teras terkena tanah longsor. Ternyata yang longsor talud kebun tetangga di samping rumah,” kata Nyonya Even, kemarin.

Ketua RT 03 RW V Kutowinangun Kidul Sungkono menjelaskan, talud yang longsor berada di atas pemukiman warga. Menurut dian konstruksi talud tidak baik sehingga tidak kuat menahan arus air hujan dan akhirnya longsor.

“Konstruksi talud terbuat dari batako dan pagar bambu. Mestinya, dibangun pondasi dari bawah,” katanya. Sungkono mengatakan, pemilik tanah yang taludnya longsor berdomisili di Jakarta. Hingga kemarin siang, pemilik tanah tersebut belum bisa dihubungi. “

Angga rosa
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4922 seconds (0.1#10.140)