Luasnya Manfaat Ilmu Manajemen

Jum'at, 24 April 2015 - 09:06 WIB
Luasnya Manfaat Ilmu Manajemen
Luasnya Manfaat Ilmu Manajemen
A A A
Sebagai sebuah ilmu, manajemen memiliki manfaat tersendiri bagi kelangsungan hidup umat manusia. Di antaranya, segala sesuatu yang dibutuhkan manusia akan bisa diatur dengan baik. Misalnya, kebutuhan terhadap kesehatan, makanan, gaya hidup, dan pekerjaan.

“Penerapan ilmu manajemen dalam kehidupan ini akan sangat bermanfaat. Karena segala sesuatunya bisa diatur dengan baik melalui ilmu manajemen. Jika kehidupan ini tidak di atur dengan ilmu manajemen tentu ada dampak yang akan ter jadi pada kehidupan manusia, yaitu produktivitas sumber daya manusia hanya berorientasi pada kerja yang tidak manusiawi,” ujar Dosen asal Universiti Sains Islam Malaysia Prof Dr Zainal Abidin Mohamed, kemarin.

Dalam International Con fe - ren ce of Management Science (ICOMS) 2015 di UMY, Zainal menuturkan, ilmu manajemen bahkan harus diterapkan dalam kehidupan tiap manusia, seperti manajemen diri. Menurut dia, jika manusia hanya berorientasi pada materi, manusia tersebut tidak akan bisa mempertimbang kan sisi emosi dan jiwanya.

“Sisi emosi dan jiwa ini juga sama pentingnya untuk diperhatikan dalam kehidupan. Sebab segala hal yang diperbuat ber dasar emosi dan jiwa itu harus dipertanggungjawabkan diha dapkan Tuhan di akhirat,” ujarnya. Zainal pun mengatakan, ilmu manajemen juga harus diterap kan dalam suatu negara. Jika tidak bakal timbul berbagai ali ansi yang menuntut ketidakadilan pada negara.

Selain itu, kata dia, juga dapat menimbulkan kerusuhan yang mampu mengancam stabilitas suatu negara. “Karena itu, solusinya adalah dengan ada komunikasi, kesepakatan, dan komitmen yang jelas di antara masyarakat atau komunitas untuk mencapai tujuan tertentu,” ujarnya.

Kepala Prodi Manajemen UMY Dr Retno Widowati PA, M.Si mengatakan, ilmu pengetahuan semakin hari kian berkem bang, termasuk ilmu manajemen. Namun, akademik manajemen di perguruan tinggi diharapkan tidak hanya ber kem bang mengikuti perkembangan ilmu, tapi juga kemajuan ekonomi secara global.

“Dewasa ini, ilmu manajemen terus mengalami perkembangan. Hal itu yang kemudian mendorong Program Studi Mana jemen Fakultas Ekonomi UMY untuk menyelenggarakan konferensi yang bertujuan untuk pengembangan ilmu pengetahuan, khususnya di bidang manajemen,” ujarnya.

Menurut Retno, dengan mengikuti perkembangan ekonomi secara global, persoalan ekonomi yang mungkin bisa terjadi dapat dicari langkah preventifnya. Begitu pula persoalan ekonomi lainnya bisa segera dica rikan solusi tepat.

Ilmu manajemen sendiri perlu pengembangan, khususnya meningkatkan budaya akademik dengan kemajuan global dan pengetahuan lokal serta meningkatkan kerja sama antarperguruan tinggi dalam negeri dan luar negeri.

Ratih keswara
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6244 seconds (0.1#10.140)