Konjen Siap Datangkan Investor

Senin, 20 April 2015 - 10:58 WIB
Konjen Siap Datangkan Investor
Konjen Siap Datangkan Investor
A A A
MEDAN - Konsulat Jenderal (Konjen) Jepang untuk Kota Medan yang baru, Hirofumi Morikawa, menyatakan kesiapannya mendatangkan investor di Kota Medan.

Hal itu terungkap ketika Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, menerima kunjungan Hirofumi Morikawa di rumah dinas wali kota, Jalan Sudirman, Medan, Jumat (17/4) lalu. Selain memperkenalkan diri, kedatangan pria asal Osaka ini juga ingin menjajaki sejumlah kerja sama, termasuk mendatangkan sejumlah investor guna berinvestasi di Kota Medan.

Didampingi seorang stafnya, Hirofumi mengaku sangat tertarik dengan Kota Medan. Apalagi Kota Medan telah menjalin hubungan sister city dengan Kota Ichikawa, salah satu kota di Jepang. Pria berusia 62 tahun itu berharap agar hubungan ini bisa lebih ditingkatkan, tidak hanya sebatas pertukaran pelajar saja.

Hirofumi menjelaskan, banyak kerja sama yang bisa dilakukan seperti sektor ekonomi, pendidikan, perdagangan, maupun pariwisata. Dia akan melakukan penjajakan sehingga diketahui sektor-sektor mana yang dapat dikerjasamakan. Harapannya kerja sama ini menguntungkan kedua belah pihak.

Pria yang baru saja bertugas selama 2,5 tahun di Kinabalu, Malaysia, itu melihat banyak potensi yang dimiliki Kota Medan, sehingga membuka peluang untuk berinvestasi. Hirofumi berjanji akan mendatangkan investor dari Jepang. Namun, yang menjadi kendala saat ini, infrastruktur kurang mendukung.

“Saya melihat infrastruktur yang ada, salah satunya kelistrikan, harus segera dibenahi. Jika pasokan listrik kurang mendukung, sulit membawa investor dari Jepang berinvestasi di Kota Medan. Saya berharap infrastruktur ini segera dibenahi, sehingga banyak investor yang bisa kami datangkan. Selama ini investor kami banyak yang berinvestasi di China karena infrastrukturnya sangat mendukung,” ungkap Hirofumi.

Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, didampingi Asisten Pemerintahan Setdakot Medan, Musadat Nasution, mengapresiasi kunjungan Konjen Jepang yang baru tersebut. Apalagi kedatangan itu untuk menawarkan sejumlah kerja sama dan mendatangkan investor. Sebab, menjadikan Medan sebagai kota metropolitan dibutuhkan dari banyak investor.

Sebagai bentuk dukungan, Eldin berjanji mempermudah segala perizinan guna mempermudah para investor berinvestasi. Dia tidak menampik masalah kelistrikan kurang mendukung. Tetapi, dengan dibangunnya pembangkit listrik berkekuatan 3.500 megawatt, persolan kelistrikan dapat diatasi.

“Jika pembangkit listrik ini selesai dibangun, Insya Allah tidak ada lagi kendala. Dengan demikian para investor, terutama dari Jepang, dapat berinvestasi dengan tenang di Kota Medan. Selain mendukung Medan menjadi kota metropolitan, kehadiran investor tentunya akan menggeliatkan perekonomian serta membuka peluang kerja,” ujar Eldin.

Sebagai bentuk penghormatan atas kunjungan Konjen Jepang yang baru ini, wali kota pun mengulosi Hirofumi. Selain itu, memberikan cenderamata berupa plakat yang melambangkan Istana Maimun, salah satu ikon Kota Medan. Sementara Hirofumi memberikan jam dengan arsitektur berciri khas Jepang.

Lia anggia nasution
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6272 seconds (0.1#10.140)