Ajang Mengenalkan Seni dan Budaya Dukuh

Senin, 20 April 2015 - 10:40 WIB
Ajang Mengenalkan Seni dan Budaya Dukuh
Ajang Mengenalkan Seni dan Budaya Dukuh
A A A
SLEMAN - Berbagai potensi seni dan budaya yang ada di Desa Caturtunggal, Depok, Sleman di pamerkan dalam Kirab Budaya Desa Caturtunggal, kemarin sore.

Kirab yang dikemas dalam street performance tersebut mendapat sambutan meriah dari warga sekitar. Sepanjang jalan yang dilalui kirab budaya dipadati penonton. Kirab yang menempuh jarak tiga kilometer ini mengambil start dari Lapangan Klebengan dan berakhir di Balai Desa Catur tunggal.

Selain dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke- 67 Desa Caturtunggal, juga sebagai upaya melestarikan budaya yang ada di desa tersebut. Ketua Panitia HUT ke-67 Desa Caturtunggal, Bambang Suncahyo, mengatakan, selain mengapresiasi kelompok seni di Caturtunggal, kirab budaya juga guna menggali budaya dan me nampilkan kreasi mereka. Jadi, kegiatan tersebut dapat me wadahi dan mengembangkan seni budaya.

“Kirab ini memang sengaja dikemas dalam bentuk street performance art. Dimana setiap peserta menampilkan kebolehannya saat kirab berlangsung,” ucap Bambang di sela-sela kirab, kemarin. Di sisi lain, lanjut dia, melalui acara ini, Pemerintah Desa Ca -turtunggal juga bermaksud mengajak warganya mencintai kebudayaan dan kesenian tradisional. Dengan begitu warga Caturtunggal tidak melupakan kesenian tradisional sebagai bagian dari kebudayaan lokal. “Kirab budaya ini baru diselenggarakan pertama kali,” ucapnya.

Menurut Bambang, kegiatan ini sekaligus mendukung dan mengenalkan aset wisata yang ada di Sleman, terutama po tensi Desa Caturtunggal. Selain itu, untuk mendukung keistimewaan DIY. Karena itu, setiap dusun yang ada di Caturtunggal mengeluarkan budayanya masing-masing.

Kepala Desa Caturtunggal, Agus Santoso, menambahkan, melihat potensi yang ada, kegiatan ini akan terus dilaksanakan dan menjadi agenda tahunan. Acara itu juga akan digunakan untuk pelestarian budaya dengan melibatkan pemuda sebagai bagian dari pelestarian budaya. “Sebab, itu akan merangsang generasi muda ikut andil dalam pelestarian budaya.”

Priyo setyawan
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6746 seconds (0.1#10.140)
pixels