Tes Kesehatan Ganjalan Terbesar Pencari Kerja

Sabtu, 18 April 2015 - 10:39 WIB
Tes Kesehatan Ganjalan Terbesar Pencari Kerja
Tes Kesehatan Ganjalan Terbesar Pencari Kerja
A A A
YOGYAKARTA - Kecerdasan dan kompetensi mumpuni memang dibutuhkan dunia kerja masa kini. Namun, persoalan kesehatan juga menentukan.

Kesehatan yang selama ini hanya dipandang sebelah mata dalam rangkaian tes oleh para pencari kerja, ternyata justru menjadi alasanutamakegagalanteskerja. Wakil Direktur Marketing dan Layanan Pusat Karier Engineering Career Cente (ECC) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta Deka Isnadi kemarin dalam rangkaian kegiatan GENIE dan PIXY Beauty Roadshow 2015 mengatakan, berdasarkan data dari para lulusan UGM, lebih dari 50% kegagalan lamaran kerja dikarenakan alasan tidak lulus tes kesehatan.

“Kebanyakan kegagalan tes kesehatan teman-teman alumni ini lebih pada tes darah. Entah itu kolesterol, asam urat atau yang lainnya, kebanyakan jauh di atas normal. Karenanya, kami selalu mengingatkan temanteman untuk menjaga kesehatan, jangan lagi makan sembarangan,” katanya dalam Seminar Semangat Mewujudkan Mimpi di Grha Saba Pramana (GSP) UGM.

Selain kesehatan, hal lain yang mempengaruhi upaya para pencari kerja ialah kepercayaan diri. Menurut Deka, kepercayaan diri cukup berperan penting karena tanpa itu bisa jadi proses tes kerja menjadi kacau dan hasilnya tidak sesuai dengan kondisi sebenarnya. “Grogi itu salah satu wujud kurang percaya diri. Dan kalau sudah grogi, bisa jadi pikiran kita terganggu.

Bahkan, ada pengalaman dari alumni kita yang karena grogi tes kesehatannya buruk, padahal dia tidak punya gangguan atau penyakit apapun. Setelah mencoba kembali dengan lebih percaya diri, dia berhasil lolos,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Cabang MNC Bank Sulaiman mewakili MNC Grup menegaskan pentingnya berani mencari pengalaman. Baginya, pengalaman kerja menjadi salah satu kunci meraih sukses dalam karier. “Jadi, tidak perlu takut untuk keluar kota atau jauh dari kampung halaman. Semakin banyak pengalaman, semakin banyak pula pengetahuan kita. Dan jangan takut tidak ada lowongan pekerjaan. Karena sebenarnya masih banyak lowongan pekerjaan hanya seakan tidak terlihat,” ucapnya.

GENIE dan PIXY Beauty Roadshow 2015 merupakan acara kunjungan ke lima kota di Indonesia yakni Surabaya, Malang, Yogyakarta, Bandung dan Jakarta. Dalam kegiatan tersebut, GENIE maupun PIXY ingin berbagi pengetahuan dan pengalaman bagi para mahasiswa sebelum terjun ke dunia kerja.“Kami berharap semoga apa yang akan dibagi dalam seminar ini bisa berguna bagi teman- teman mahasiswa,” kata Senior Account Executive Tabloid GENIE Sakinah Syarief.

Semua rangkaian acara GENIE dan PIXY Beauty Roadshow 2015 diselenggarakan gratis bagi siapa pun. Sasaran utama mereka ialah mahasiswa yang tak lama lagi akan menapaki dunia kerja.

Ratih keswara
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5784 seconds (0.1#10.140)