PT Sido Muncul Beri Bantuan Living Cost Pasien

Jum'at, 17 April 2015 - 10:13 WIB
PT Sido Muncul Beri Bantuan Living Cost Pasien
PT Sido Muncul Beri Bantuan Living Cost Pasien
A A A
YOGYAKARTA - PT Sido Muncul dan PT Berlico Farma memberikan bantuan kemanusiaan dari program CSR senilai Rp750.000 untuk bantuan biaya hidup bagi pasien kurang mampu dan penderita kanker di RSUP Dr Sardjito.

Direktur Utama RSUP Sardjito Mochammad Syafak Hanung mengatakan, meski saat ini ada program BPJS Kesehatan, keluarga pasien bukan berarti tidak mengeluarkan biaya sedikit pun. Biaya living cost atau biaya hidup selama menunggu pasien dirawat juga tidak sedikit. “Bahkan ada keluarga pasien yang terpaksa menjual aset atau hutang selama menunggu keluarganya,” ujarnya kemarin.

Penjualan aset tersebut bukan hanya untuk membeli obat (yang tidak ditanggung BPJS), tetapi juga untuk kebutuhan hidup selama menunggu pasien. Dengan bantuan yang berbeda akan meringankan beban keluarga. Sebagai rumah sakit rujukan memang tidak semua pasien ter-cover bantuan. Namun, setidaknya ini memberi inspirasi bagi perusahaan lain untuk melakukan program yang sama.

Sementara itu, Presiden Direktur PT Sido Muncul Irwan Hidayat menjelaskan, ide pemberian bantuan living cost tersebut sudah ada sejak lama. Saat itu banyak informasi yang masuk dari istri dan teman-temannya terkait pasien yang tidak bisa pulang setelah berobat. Mereka juga harus melakukan terapi atau kemoterapi. Ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

“Bantuan biaya hidup untuk pasien tersebut baru dimulai dari Yogya. Pihaknya juga akan berkeliling ke sejumlah rumah sakit di daerah lain secara bergilir mulai Semarang, Surabaya, Banjarmasin, Bandung, dan Jakarta. Tentu saja semua donasi yang diberikan disesuaikan dengan kebutuhan pasien masingmasing RS.” papar Irwan.

Dari 200 pasien yang disasar, masing-masing menerima Rp750.000 donasi. Selain pasien, donasi juga diberikan untuk Yayasan Kanker Anak Rp50 juta dan Rumah Singgah Rp50 juta.

Windy anggraina
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6873 seconds (0.1#10.140)