Distribusi Air PDAM Terganggu Tiga Hari

Jum'at, 17 April 2015 - 08:33 WIB
Distribusi Air PDAM Terganggu Tiga Hari
Distribusi Air PDAM Terganggu Tiga Hari
A A A
MEDAN - Pelayanan air bersih PDAM Tirtanadi ke masyarakat pelanggannya kembali terganggu. Tirtanadi mengaku akan mencuci reservoir (penampung air) di kawasan Gaperta.

Kondisi ini akan mengganggu penyaluran air selama tiga hari mulai Jumat (17/4) sampai Minggu (19/4). Kepala Divisi Public Relations PDAM Tirtanadi, Irsan Effendi, mengatakan, sebagai upaya menjaga kualitas air yang didistribusikan kepada pelanggan, Tirtanadi mencuci reservoir Gaperta.

“Harapannya air yang sampai ke pelanggan memenuhi standar kesehatan yang telah ditetapkan. Ini pekerjaan rutin untuk semua reservoir yang sudah harus dibersihkan,” katanya kepada wartawan, Kamis (16/4). Dia menyebutkan, pencucian reservoir Gaperta ini dilaksanakan pada Jumat (17/4) mulai pukul 14.00 WIB, dan diupayakan selesai keesokan harinya. “Kami harapkan satu hari selesai supaya pengoperasian pompa untuk pendistribusian air dapat beroperasi sebagaimana biasanya,” katanya.

Selama pelaksanaan pencucian reservoir Gaperta, beberapa wilayah pelayanan PDAM Tirtanadi akan mengalami gangguan berupa penurunan tekanan dan kualitas air. Adapun wilayah yang mengalami gangguan air yakni Jalan Kapten Sumarsono, Jalan Serba Guna, Perumnas Helvetia, Jalan Kapten Muslim, Jalan Gaperta, Jalan Asrama, serta wilayah Tanjung Gusta dan sekitarnya.

“Walaupun pekerjaan telah selesai, untuk pengisian pipa dan pemerataan tekanan air memerlukan waktu beberapa hari. Maka, pendistribusian air di wilayah yang mengalami gangguan baru akan normal pada Minggu (19/4),” ucapnya. Gangguan pelayanan Tirtanadi sebelumnya terjadi di kawasan Cabang Medan Labuhan. Pada Selasa (14/4) lalu, pipa transmisi 300 mm di Jalan Titi Pahlawan depan Mesjid Al Ikhlas Cabang Medan Labuhan, pecah.

“Kebocoran ini langsung ditangani petugas dari Divisi Transmisi/Distribusi dan Cabang Medan Labuhan,” kata Staf Humas Tirtanadi, Zaman Karya Mendrofa. Pekerjaan perbaikan kebocoran pipa transmisi 300 mm tersebut dikatakan selesai kemarin. Selama pelaksanaan pekerjaan perbaikan kebocoran tersebut, beberapa wilayah mengalami gangguan pelayanan, baik kualitas, kuantitas, maupun kontinuitas.

“Adapun wilayah pelayanan yang mengalami gangguan yaitu Jalan Marelan Raya, Jalan Titi Papan, Jalan Titi Pahlawan, dan Kecamatan Medan Marelan. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Pekerjaan ini harus kami lakukan untuk menjaga kualitas air kepada pelanggan,” ucapnya.

Fakhrur rozi
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3191 seconds (0.1#10.140)