Jembatan Penghubung Antardesa di Subang Ambles

Rabu, 15 April 2015 - 13:49 WIB
Jembatan Penghubung Antardesa di Subang Ambles
Jembatan Penghubung Antardesa di Subang Ambles
A A A
SUBANG - Sebuah jembatan yang menghubungkan Desa Gandasari dengan Desa Mekarsari, Kecamatan Cikaum, Subang, Jawa Barat, ambles. Akibatnya, mobilitas perekonomian warga dari beberapa desa di kecamatan tersebut terganggu.

"Saat ini, jembatan hanya bisa dilewati pejalan kaki dan pengendara motor. Itu pun harus hati-hati, karena rawan terperosok ke dalam badan jembatan yang ambles," tutur seorang warga Cikaum, Yayah, kepada KORAN SINDO, Rabu (15/4/2015).

Menurut dia, jembatan itu dibangun tahun 2012 dengan sumber anggaran dari bantuan ADD atau Alokasi Dana Desa. Namun, setahun kemudian, yakni tahun 2013, jembatan tersebut tiba-tiba ambles. Hingga kini, kerusakan belum juga diperbaiki pemerintah.

Dia menyebut, harusnya perbaikan jembatan melibatkan peran dua pemerintah desa, yakni Gandasari dan Mekarsari, karena letaknya di perbatasan kedua desa tersebut. Namun, ternyata pembangunan hanya didanai bantuan ADD dari Desa Gandasari.

"Kami berharap jembatan ini segera diperbaiki, karena keberadaannya sangat penting bagi kami. Sebab, akibat kerusakan itu, aktivitas warga jadi nggak lancar, jadi terganggu. Apalagi, jembatan ini rusaknya setahun yang lalu dan sampai sekarang belum juga diperbaiki pemerintah," keluhnya.

Terpisah, Camat Cikaum Wawan Gunawan mengaku belum menerima laporan, baik dari warga maupun pihak desa, ihwal amblesnya jembatan penghubung antar desa tersebut. Namun, pihaknya memastikan bakal segera meninjau lokasi.

"Kami akan koordinasi ke kedua kades terkait supaya segera membuat laporan rincian kerusakannya, agar bisa secepatnya dilakukan penanganan," pungkas Wawan saat dihubungi.

Sementara itu, berdasarkan pantauan, nyaris seluruh badan jembatan tersebut kondisinya ambles sehingga mengakibatkan muncul lubang besar berdiameter 1,5 meter dan hanya menyisakan konstruksi anyaman besinya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5680 seconds (0.1#10.140)