Gubernur Siap Bangun Ponpes Gontor di Jabar

Senin, 13 April 2015 - 11:01 WIB
Gubernur Siap Bangun Ponpes Gontor di Jabar
Gubernur Siap Bangun Ponpes Gontor di Jabar
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mendorong pendirian Pondok Pesantren (Ponpes) Gontor di Jabar.

Pernyataan tersebut di sampaikan Aher, sapaan akrabnya, dalam kunjungan kerjanya ke Ponpes Gontor di Desa Gontor, Kecamatan Mlarak, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Jumat (10/4) lalu. Aher beserta rombongan tiba di ponpes modern tersebut sekitar pukul 18.00 WIB. Dia disambut langsung Pimpinan Ponpes Gontor KH Hasan Abdullah Sahal, Dr KH Abdullah Syukri Zarkasyi, MA, dan KH Syamsul Hadi Abdan, serta Bupati Ponorogo Amin.

Dalam wejangannya di hadapan ribuan santri Ponpes Gontor, Aher mengatakan, dirinya mendorong agar Ponpes Gontor dapat hadir di seluruh provinsi di Indonesia. “Kalau Gontor mengembangkan sayapnya di 20 cabang. Saya ikut mendorong, mudah-mudahan Gontor bisa hadir di semua provinsi di Indonesia,” ungkap Aher yang diamini ribuan santri.

Bahkan, Aher mengungkapkan, pihaknya pun siap membangun Ponpes Gontor di Jabar. “Dan kalau kemudian di Jawa Barat baru ada alumni. Maka saya atas nama Gubernur dan masyarakat Jawa Barat siap bekerjasama untuk membuka Ponpes Gontor di Jawa Barat,” ujar Aher. Menurut Aher, Ponpes Gontor merupakan ponpes pertama yang memiliki cabang atau jejaring terbesar di Indonesia.

Oleh karenanya, alumni Ponpes Gontor yang kini tersebar di berbagai tempat dan bidang diharapkan dapat terus mengambil peranan penting dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Aher menambahkan, sebagai bangsa, Indonesia membutuhkan sebuah kekuatan kelembagaan yang bisa merajut dan menjadi kekuatan yang sangat besar demi pesat dan hebatnya potensi umat Islam bangsa ini.

Ponpes yang berdiri sejak 1926 ini memiliki santri hingga 24.300 orang. Selain ponpes, kini telah berdiri pula Universitas Darussalam (Unida) Gontor. Unida memiliki 20 program studi dengan mahasiswa sebanyak 2.300 orang.

Yugi prasetyo
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5277 seconds (0.1#10.140)