Revitalisasi Taman Vanda Baru 45%

Sabtu, 11 April 2015 - 10:34 WIB
Revitalisasi Taman Vanda Baru 45%
Revitalisasi Taman Vanda Baru 45%
A A A
BANDUNG - 14 hari jelang peringatan Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-60, progres perbaikan Taman Vanda diJalan Merdeka, baru mencapai 45%. Padahal, taman tersebut berada dijalur utama yang akan dilintasi delegasi KAA dan kepala negara pada 24 April mendatang.

“Progresnya baru 45%. Kami terus kebut pengerjaannya agar bisa selesai 18 (April). Karena itu ada di jalur utama masuknya para delegasi dan pimpinan ne gara,” kata Kepala Dinas Pemakaman dan Pertamanan (Diskamtam) Kota Bandung Arief Prasetya, di Balai Kota Bandung, kemarin. Taman Vanda adalah salah satu taman tematik yang di miliki Kota Bandung, berlokasi di depan Kantor Bank Indonesia.

Posisinya yang berada dipusat kota, menjadikan taman tersebut mendapat perhatian dari Pemkot Bandung untuk terus diperbaiki. Tahun lalu, taman tersebut pernah dire vitalisasi dengan dana bantuan dari pihak ketiga, namun sayangnya tidak selesai 100%. Tahun ini, jelang peringatan KAA ke-60, sekitar dua pekan lalu, Taman Vanda kembali diperbaiki dengan desain dan konsep yang jauh lebih menarik.

Perbaikan dilakukan karena berada di jalur yang akan dilewati para delegasi, dari Ban dara Husen Sastranegara menuju Gedung Merdeka. Arief menuturkan, untuk revitalisasi Taman Banda akan dibuat sculpture(patung) berbentuk huruf O. Patung itu nantiakan disemprot dengan menggunakan air. Uniknya di Taman Vanda juga akan dipasang lighting water, untuk memunculkan efek tertentu.

“Terus ada vertikal garden, taman untuk bunga sebagai pe nyeimbang tamannya. Terus akan dipasangi kursi-kursi juga,” ucap Arief. Ketika ditanya anggaran, Arief mengungkapkan, semuanya berasal dari dana hibah. Namun dia belum tahu angka nominal proyek revitalisasi taman tersebut. “Hibah, ada beberapa penyumbang. Untuk jumlahnya belum tahu. Karena, belum kami hitung,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kota Bandung meng klaim perbaikan sejumlah infrastruktur jelang peringatan KAA sudah mencapai 90%. Proses pengerjaan pun terus dikebut agar dapat selesai sebelum peringatan KAA berlangsung. “Infrastruktur sudah 90%. Tinggal target 18 April gladi bersih Pak Jokowi (Presiden RI) kan dateng. Itu insya Allah sudah beres,” ujar Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

Pantauan KORAN SINDO, para pekerja tengah sibuk memerbaiki sejumlah pekerjaan yang belum selesai. Seperti perbaikan trotoar di Jalan Asia Afrika, perbaikan jembatan pe nyebrangan orang, dan pemasangan tiang-tiang penerangan jalan umum. “Terus Tugu Dasasila Bandung di Simpang Lima sudah kami pindah di tempat yang lebih terhormat (di Jalan Cikapundung Timur) terus lagi beresin tugu diJalan Alunalun Timur. Nanti disitu akan ada tugu KAA, nanti ada bola dunia yang diresmikan Pak Jokowi, sama ditandatangani para kepala negara yang datang,” katanya.

Mochamad solehudin
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7402 seconds (0.1#10.140)
pixels