Ini Dia Tempat Nongkrong Begal di Batam

Selasa, 07 April 2015 - 07:27 WIB
Ini Dia Tempat Nongkrong Begal di Batam
Ini Dia Tempat Nongkrong Begal di Batam
A A A
SAGULUNG - Anggota geng motor, sekaligus pembegal semakin menjamur di Sagulung. Ratusan anggota geng motor didominasi pelajar, serta banyak kelompok geng motor ini, selalu berkumpul di daerah wilayah hukum Polsek Sagulung.

Informasi yang diperoleh, nama-nama geng motor saat ini sering ngumpul di Sagulung, seperti kelompok geng motor Kampak Merah Comunity (KMC), Reggal Community Batam, BRIgez, XTC, serta Vegas Family yang bergabung dengan Anak Rantau Comunity (ARC), Regata Community, Rempit Motor Comunity (RMC). Geng motor ini turut serta dalam kasus begal di Batam.

Anggota geng motor ini terdiri dari anak-anak sampai dewasa. Bahkan, rata-rata anggota geng motor ini pelajar. Selain pelajar, orang-orang putus sekolah dan pengangguran banyak juga tergabung dalam anggota yang selalu meresahkan masyarakat.

Biasanya, kelompok-kelompok sadis ini nongkrong di Tunas Regency, serta di Sagulung Baru, dan belakang Perumnas Barau Sagulung. Selain itu, mereka berkumpul di bagunan Vegas Marina City.

Salah seorang anggota geng motor, Pa (20) mengatakan, geng motor ini untuk wilayah Batuaji dan Sagulung, biasa nongkrong di Tunas Regency, belakang Perumnas Baru Saglung, serta di Sagulung Baru, kemudian di Vegas Marina.

Anggota geng motor ini rata-rata pengangguran dan pelajar. "Tidak ada yang kerja, dari umur kecil sampai besar. Pelajar juga banyak," kata Pa, di Tanjunguncang, Senin (6/4/2015).

Pa menuturkan, anggota geng motor ini mencari uang denga membegal. Mereka tidak takut sama polisi. Bahkan, geng notor ini kian sadis setelah rekan-rekannya banyak yang ditangkapi polisi.

Menurutnya, anggota geng motor yang paling sadis sekarang adalah geng kampak yang ada di Bengkong. Meski keberadaannya di Bengkong, mereka anggota geng motor ini berkeliling Kota Batam.

"Anggota begal semakin sadis setelah ada anggotanya ditangkap polisi. Mereka tak takut sama polisi. Paling sadis saat ini geng kampak," ujar warga Tanjunguncang ini.

Pa menjelaskan, biasanya anggota geng motor ini mengicar sasarannya sebelum membegalnya. Sasaran utama mereka biasanya pengendara wanita yang banyak uang dan barang-barangnya. Serta pengendara laki-laki yang sendirian.

Mereka tak segan-segang melukai korbannya, bahkan mencuri sepeda motor korban. Kemudian, mereka selalu mengawasi pergerakan sasarannya. Ada juga mereka yang spontan untuk membegal warga.

"Biasanya mereka pantau sasaran dulu. Khusus sendirian, terutama perempuan," katanya.

Dia menyampaikan, anak-anak sekolah yang ikut rata-rata, karena ingin mendapatkan perlindungan dan supaya bisa dipandang oleh orang-orang. Biasanya mereka beraksi di tempat sepi.

Sekarang ini, mereka banyak yang beraksi di daerah Seitemiang dan Tanjungriau, Sekupang. Hasil pembegalan biasanya digunakan untuk berpoya-poya. Anggota geng motor ini tidak bisa dibedakan, kalau tidak ngumpul bersama di Vegas Marina City.

"Anak-anak sekolah diajak biar ikut, biasanya anak-anak sekolah mau butuh perlindungan. Antara geng motor, sama geng motor lain tidak bisa dibedakan," terangnya.

Terpisah, Kapolsek Sagulung AKP Tumpak Manihuruk mengatakan, untuk wilayah hukum sagulung sudah aman. Tidak ada lagi korban begal yang terjadi akhir-akhir ini.

Dia menuturkan, para anggota geng motor itu selalu datang ke wilayah Sagulung untuk nongkrong. Namun, pihak Polsek Sagulung selalu berusaha mengusir para anggota geng motor ini dengan berpatroli.

"Aksi geng motor di Sagulung sudah aman. Mereka (geng motor) nongkrong di Tunas Regency. Tapi kami selalu usir mereka. Anggota selalu patroli," kata Manihuruk.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5892 seconds (0.1#10.140)
pixels