20 Jenis Burung Beradu Kicau Merdu

Sabtu, 04 April 2015 - 11:57 WIB
20 Jenis Burung Beradu Kicau Merdu
20 Jenis Burung Beradu Kicau Merdu
A A A
SEMARANG - Ramai dan seru. Begitulah suasana yang terekam dalam ajang kontes burung berkicau bertajuk “Spesial Best of The Best “ yang digelar oleh Yayasan Sosial Lindu Aji di arena Kicau Burung Jalan Pusponjolo Selatan Semarang kemarin.

Ya, event tersebut setidaknya menjadi kontes burung berkicau paling meriah di awal April ini. Kemeriahan kontes burung berkicau itu bisa dilihat dengan hadirnya ratusan pencinta burung dari berbagai kota, di antaranya Kendal, Demak, Jepara, dan Salatiga. Mereka tampak sangat antusias mengikuti jalannya kontes.

Setidaknya ada 20 jenis burung yang mengikuti perlombaan ini, seperti pleci, colibri raja, kenari, murai batu, kacer, cendet, love bird, cucak rowo, dan cucak ijo. Ada tiga kategori yang dilombakan, yakni Irama lagu, durasi, dan ketenangan. Terlihat persaingan ketat dan riuh gemuruh setiap babak lomba yang dipertandingkan.

Tidak hanya antusias para peserta, animo masyarakat yang sengaja datang hanya untuk melihat tampak mewarnai kemeriahan sepanjang kontes. Para peserta yang keluar sebagai juara mendapatkan hadiah berupa uang tunai dan mendapat sertifikat kategori juara burung berkicau.

“Sengaja kita gelar ajang kontes ini dari puluhan jenis burung berkicau terbaik yang kita konsep lomba sebagai ajang pemanasan untuk lomba di tingkat Jawa Tengah ke depan,” kata Yoyok Wurdianto, ketua pelaksana lomba, kemarin.

“Kontes yang kami gelar sekarang ini lebih berbobot tidak hanya latihan bersama, tapi juga melombakan kategori burung berkicau yang dinilai oleh para juri profesional dengan memberikan sertifikat resmi untuk burung juara di setiap kategorinya,” ungkapnya.

Salah satu peserta lomba, Rangga, mengaku sering mengikuti latihan bersama. Dia cukup senang karena kali ini tidak hanya latihan bersama, tapi juga turut dinilai. Apalagi pemenangnya mendapatkan sertifikat dan uang tunai.

“Kegiatan ini sangat baik sekali untuk meningkatkan nilai kualitas burung pada ajang lomba sebenarnya,” kata pemilik burung pleci dari Boja, Kendal ini.

Ahmad Antoni
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7530 seconds (0.1#10.140)