Bistik Lokal Cita Rasa Internasional

Jum'at, 03 April 2015 - 09:17 WIB
Bistik Lokal Cita Rasa Internasional
Bistik Lokal Cita Rasa Internasional
A A A
OLAHANsteak atau bistik sudah tersohor di seluruh jagad. Menu internasional ini cukup digemari berbagai kalangan. Steak ala western selalu mengandalkan daging has (bagian pinggang atau lambung) berkualitas terbaik dengan tambahan ragam saus khas.

Belakangan, pencinta steakmulai melirik berbagai modifikasi baru yang lebih atraktif di lidah. Daging panggang ini hadir dengan inovasi olahan, baik saus maupun racikan bumbunya.

Bagi Anda penikmat dagingdagingan, mencoba menu tenderloin epinardmenjadi pilihan tepat. Steak ini menyajikan ramuan daging has dalam yang dipanggang hingga kematangan medium well, lalu disuguhkan dengan berbagai condiment. Pelengkapnya terhitung menyehatkan. Di atas daging, ada sayur bayam segar dengan pelengkap kentang has browndan saus jamur. Tenderloin epinard, mengusung material yang variatif. Untuk satu porsinya, ada komposisi daging tenderloinseberat 150 gram.

Sebagain topping, terdapat sayuran bayam yang sudah di-saute. Tak ketinggalan, limpahan white sauce, smoked beefgoreng, serta mix vegetableseperti wortel, sweet corn, serta kacang polong. “Menu steakmemang enak di lidah. Namun terhitung tinggi juga kolesterolnya. Sebagai penyeimbang, saya tambahkan berbagai sayuran yang beragam. Misalnya pada tenderloin epinard, ada sautebayam yang segar dan sehat. Untuk mempertahankan rasanya yang gurih, ditambahkan white saucedan varian sayuran lain,” ungkap Sous Chef Suis Butcher, Hadi Permana.

Namun bagi mereka yang tak gandrung dengan daging sapi, di resto steakini juga ada pilihan lain yang lebih menyehatkan. Salahsatunya adalah salmon steakfillet. Salmon fillet ala Suis Butcher, mengandalkan ikan filletsalmon seberat 160 gram. Daging salmon harus dipilih yang bertekstur lembut dan gurih memanjakan lidah. “Prosesnya, ikan salmon diberi seasoningkemudian di pan fries menggunakan butter. Namun jangan terlalu lama, cukup 3-4 menit saja. Penyajiannya, ada tambahan simple salad ala Swiss. Ada juga kentang has brown, serta saus plus slicelemon,” tambahnya.

Anda penyuka steakdengan konsep klasik, di tempat yang sama juga terdapat suguhan fantastis, tenderloin parmagiana. Menu ini terdiri daging sapi tenderloin seberat 150 gram yang dimarinasi dan diproses dengan saus home made. Setelah dibakar, daging sapi selanjutnya disiram dengan tomato sauce dan di toping dengan tiga jenis keju, yakni keju cheddar, parmesant, serta keju block.

“Untuk mengangkat aromanya, daging dengan toping tiga keju kemudian di bakar diatasnya sampai kecoklatan dan mengeluarkan aroma memikat. Untuk saus bisa dipilih dari tiga varian, yakni saus jamur, saus black pepperatau barbeque,” jelasnya. Untuk harga, steakdi di tempat ini ditawarkan variatif mulai dari Rp45.000 hingga Rp75.000/porsi. Sebagai penyeimbang, Anda juga bisa memilih beberapa dessertmenarik dan minuman. Sebut saja strawberry delight, fruitsalad atau minuman snow white.

Si putih nan cantik ini sanggup menghadirkan cita rasa khusus, terutama di siang hari. Steaklezat memang identik dengan harga selangit. Namun tak demikian di Resto Plasteak House di Jalan Jawa. Anda tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam untuk menikmati steakempuk dan juicy yang satu ini. Meski harga daging sapi di pasaran sedang membumbung tnggi, Resto Plasteak House membanderol harga steak lansiran mereka mulai Rp15.000- Rp40.000/porsi.

Uniknya daging ini seratnya sangat lembut berkat proses aging alami dari sang pengelola. Ya, meski dibandrol dengan harga terjangkau, tekstur daging steak yang disajikan tidak kalah empuk dengan steak lansiran hotel bintang lima. Empuknya tekstur daging yang mereka peroleh dari rahasia pengolahan daging sapi di Australia. Di Plasteak House misalnya, daging dengan sentuhan aging ini disajikan sebagai inovasi steakbaru seempuk tahu.

“Steak sudah menjadi olahan yang menginternasional. Nah saya mencoba angkat pamor daging sapi lokal dengan proses aging. Proses tersebut merupakan proses pelayuan daging dengan konsep pengaturan temperatur, biar freshkeliatannya. Pengempukannya sampai dua minggu dengan temperatur yang disesuaikan,” ujar ownerPlasteak House, Chef Dion Satriatin. Di kedai Plasteak, Jalan Jawa 32, Kota Bandung, chefDion menawarkan paket steakyang slicenya tebal dan menggiurkan. Bahkan ketebalannya bisa mencapai 5 sentimeter.

Uniknya, daging cukup diiris menggunakan pisau plastik. Menu steakdi Plasteak House dapat disesuaikan dengan selera masing-masing dan pilihan saus barbeque, mushroom, black pepper. Harganya pun sangat murah, mulai dari Rp15.000-Rp40.000.

Dini budiman
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.2116 seconds (0.1#10.140)