Unikom Sabet Juara Imagine Cup 2015

Senin, 30 Maret 2015 - 10:24 WIB
Unikom Sabet Juara Imagine Cup 2015
Unikom Sabet Juara Imagine Cup 2015
A A A
BANDUNG - Mahasiswa Universitas Komputer Indonesia (Unikom) Bandung kembali menyabet juara dalam ajang Imagine Cup 2015. Kali ini, Tim Alix sukses meraih juara 1 kategori World Citizenship. Tidak hanya itu, gelar juara 1 juga berhasil diraih Tim Dodo Kids Browser untuk kategori Innovation.

Ajang Imagine Cup 2015 digelar di Jakarta, 26 Ma ret 2015 lalu. Kedua tim berinovasi menciptakan aplikasi untuk mempermudah proses donasi kemanusiaan dan kontrol penggunaan internet dalam bidang pendidikan.

Salah seorang anggota Tim Alix Wati Pitrianingsih mengatakan, aplikasi yang dibuat timnya ini merupakan aplikasi berupa portal donasi. Uniknya, pada aplikasi ini, donatur tidak hanya bisa memberikan donasinya, melainkan juga bisa memilih siapa yang akan diberikan donasi dan bagaimana perkembangan orang yang diberikan donasi tersebut.

Dia memaparkan, pada aplikasi ini terdapat 4 keunggulan yak ni rekomendasi (masyarakat bisa berbagi informasi mengenai orang yang berhak diberikan donasi), donasi (bisa memberikan sumbangan langsung), konfirmasi (memilih anak asuh yang akan diberikan donasi dan mengetahui perkembangan anak asuh tersebut setiap waktunya), dan report (laporan transparasi donasi dan perkembangan anak asuh).

Sementara itu, anggota tim Dodo Kids Browser Alih Purwandi mengatakan, timnya membuat aplikasi internet dimana terdapat dua perangkat. Aplikasi yang hanya bisa diakses di Windows Phone ini akan membuat para orang tua bisa memantau portal apa saja yang di buka oleh anaknya.

Lewat aplikasi ini, anak yang mengakses internet di PC bisa di pantau langsung melalui Windows Phone. “Jika anak mem buka portal berisi hal negatif, maka akan ada notifikasi pada gadget orang tuanya dan orang tua bisa memblokir langsung portal yang tengah diakses tersebut,” jelasnya.

Menurut dia, timnya menekankan pada penggunaan aplikasi di Microsoft.Teknologi yang dikembangkan yakni Azzure Clown berupa mesin belajar yang bisa membaca dan mempelajari pola penggunaan internet pada anak. Sebagai bentuk dukungan dan penghargaan, Rektor Uni kom Eddy Soeryanto Soegoto mengatakan, masing-masing tim juga mendapatkan reward berupa uang tunai untuk pengembangan projectnya. “Masing-masing tim akan kami berikan reward tambahan sebesar Rp100 juta dan Rp50 juta,” sebutnya.

Anne rufaidah
(bhr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6675 seconds (0.1#10.140)