Medan Bakal Punya Dermaga Pengawas

Selasa, 24 Maret 2015 - 12:24 WIB
Medan Bakal Punya Dermaga Pengawas
Medan Bakal Punya Dermaga Pengawas
A A A
MEDAN - Kota Medan dalam waktu dekat akan memiliki Dermaga Pengawasan yang nantinya menjadi pangkalan kapal nelayan asing yang ditangkap karena memasuki perairan Indonesia.

Hal itu diketahui ketika Dirjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) RI, Laksda TNI (Purn) Asep Burhanuddin, beserta staf, mengunjungi Balai Kota Medan, Senin (23/3). Kunjungan ini diterima langsung oleh Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, didampingi Sekda Syaiful Bahri; Asisten Administrasi Umum, Ikhwan Habibi Daulay; dan Kepala Dinas Pertanian dan Kelautan Kota Medan, Ahyar.

Dirjen PSDKP melakukan kunjungan kerja sekaligus meninjau lokasi yang akan dibangun Dermaga Pengawasan. “PSDKP belum memiliki Dermaga Pengawasan, maka dermaga yang akan dibangun ini sangat strategis. Tetapi kami harus menanyakan status lahannya kepada wali kota Medan sebagai tuan rumah. Jika wali kota mengatakan oke, kami segera membangunnya,” ujar Asep Burhanuddin.

Pada kesempatan itu, Asep mengatakan, kunjungan ini merupakan komitmen KPK tentang penyelamatan sumber daya perikanan yang sekarang ini berada di wilayah barat Sumatera. Selain itu juga akan melihat lahan untuk membangun Dermaga Pengawasan di Kampung Nelayan.

Menurutnya, laut di Indonesia kaya akan spesies ikan namun banyak nelayan asing yang selalu mencuri ikan di wilayah Indonesia. Ke depannya perikanan akan menjadi sesuatu yang menjanjikan. Para nelayan akan menjadi konglomerat, nelayan tidak seperti sekarang ini hidup di bawah garis kemiskinan.

Dengan adanya kebijakan penyetopan nelayan asing masuk, maka berpeluang bagi nelayan Indonesia menangkap ikan untuk diproduksi dan dimakan sendiri, bukan untuk dijual kepada asing.

Pengembang Kampung Nelayan Indah, M Syarif, menjelaskan, PSDKP berencana membangun dermaga di Kampung Nelayan Kecamatan Medan Labuhan, sebagai pelabuhan kapal nelayan asing yang ditangkap. Ini semua dalam rangka memajukan para nelayan, hidupsejahtera.

Dengan adanya DermagaPengawasanini, kesejahteraan para nelayan bisa terwujud nantinya. Sementara Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, menyambut baik rencana pembangunan Dermaga Pengawasan yang akan dibangun PSDKP Kementerian Kelautan Dan Perikanan RI.

Lahan yang akan dibangun ini seluas 6,6 hektare dengan status tanah hak guna bangunan (HGB) di atas hak pengelola lahan (HPL) berada di Kelurahan Nelayan Indah Kecamatan Medan Labuhan.

Diharapkan dengan pembangunan Dermaga Pengawasan ini kesejahteraan para nelayan, khususnya di Kota Medan, akan terwujud.

Lia anggia nasution
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4772 seconds (0.1#10.140)