TNI Selidiki Keberadaan ISIS di Garut

Rabu, 25 Maret 2015 - 02:08 WIB
TNI Selidiki Keberadaan ISIS di Garut
TNI Selidiki Keberadaan ISIS di Garut
A A A
GARUT - Jajaran TNI menyelidiki keberadaan kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) di Garut, Jawa Barat. Penyelidikan dilakukan dari mulai website yang disebut-sebut berafiliasi dengan ISIS, hingga pemantauan ke sejumlah tempat yang diduga berhubungan dengan organisasi tersebut.

"Sementara kami masih melakukan pendalaman kaitan dengan info website di internet itu. Kami cek dan pantau-pantau," kata Komandan Kodim 0611 Garut Letkol Bungkus Hadi Suseno, Senin (23/3/2015).

Salah satu website yang diperiksa TNI bernama Khilafah Dawla Islamiyah. Dalam web ini, banyak diposting lambang ISIS berikut foto-foto seorang berpenutup kepala yang menenteng senjata laras panjang.

"Hasil penyelidikan sementara dari web itu, kami belum menemukan indikasi apa pun. Keterbatasan teknologi juga membuat kami tidak bisa memastikan foto orang tersebut diambil di wilayah mana. Daerah yang disebut wilayah Papandayan atau tempat lain di Ciwalen kawasan Garut Kota, juga belum bisa dipastikan kebenarannya," paparnya.

Menurut Hadi, kelompok-kelompok radikal tersebut biasanya melakukan pertemuan secara tertutup. Hal ini pulalah yang menyulitkan aparat keamanan dalam melakukan pendeteksian.

"Sebelum kabar ini beredar sekarang-sekarang, beberapa bulan lalu juga sempat santer ISIS ada di Garut. Dulu kami periksa dan dalami. Namun tidak ada. Belum ada tempat atau rumah yang di dalamnya ditemukan atribut ISIS atau semacamnya. Pelan-pelan kami lakukan penyelidikan. Mereka itu modusnya face to face," ujarnya.

Sebelumnya, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Garut meminta aparat keamanan melakukan penyelidikan terkait penyebaran ISIS. Ketua MUI Kabupaten Garut KH Agus Muhammad Solah mengatakan, kabar ISIS masuk Garut merupakan sebuah ancaman serius. (Baca: MUI Minta Aparat Selidiki ISIS di Garut).
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7629 seconds (0.1#10.140)