Petarukan-Comal Rawan Begal Motor

Minggu, 22 Maret 2015 - 09:19 WIB
Petarukan-Comal Rawan Begal Motor
Petarukan-Comal Rawan Begal Motor
A A A
PEMALANG - Maraknya aksi begal sepeda motor di berbagai daerah turut menjadi perhatian aparat Polres Pemalang. Sepanjang jalan pantura wilayah Comal hingga Petarukan rawan aksi kejahatan jalanan itu.

Kasatlantas Polres Pemalang AKP Arfan Zulkan Sipayung mengatakan, aksi begal yang marak terjadi di beberapa daerah saat ini sangat meresahkan masyarakat. “Di wilayah Pemalang titik daerah yang rawan kejahatan jalanan, baik begal atau yang lainnya di sepanjang pantura Petarukan hingga Comal,” kata Arfan di sela-sela Deklarasi Keselamatan Berlalu Lintas dan Perangi Begal di Sirkuit Pantai Widuri, Pemalang kemarin.

Menurut Alfan, untuk mencegah terjadinya aksi begal sepeda motor, pihaknya menggelar patroli rutin di titik-titik yang rawan kejahatan. Upaya pencegahan juga dilakukan dengan menggelar razia kendaraan di beberapa titik. “Maraknya kasus ini di sejumlah daerah turut menjadi perhatian kami agar tidak sampai terjadi di wilayah Pemalang,” ujarnya.

Arfan mengimbau masyarakat untuk sebisa mungkin menghindari jalanan yang sepi saat berkendara dan segera menghubungi aparat kepolisian jika melihat atau mengetahui keberadaan orang yang bergelagat mencurigakan. “Jika saat berkendara masyarakat merasa mendapat ancaman, langsung saja memberikan isyarat membunyikan klakson keras- keras atau mengontak polsek terdekat,” ucapnya.

Terkait deklarasi perangi begal, Arfan mengatakan hal itu juga menjadi salah satu upaya pencegahan yang dilakukan polisi dengan cara menggandeng komunitas motor di wilayah pantura, khususnya di Pemalang. “Kami mencoba langkahlangkah yang lebih edukatif. Dengan cara mengumpulkan seluruh komunitas klub motor di Pemalang dan memberikan mereka pemahaman akan pencegahan,” katanya.

Langkah tersebut diharapkan bisa mempersempit ruang gerak para pelaku tindakan kejahatan jalanan. Selain itu, ratusan anggota komunitas motor yang hadir dalam deklarasi juga diharapkan bisa menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas di masyarakat. "Harapan kami seluruh komunitas motor di sini untuk ikut berperan mencegah kejahatan begal. Sehingga masyarakat dapat aman dan tenang beraktivitas dan menjadikan Pemalang bebas begal," tandasnya.

Ketua Komunitas Motor Rispec Pemalang Iqbal mengapresiasi langkah Satlantas Polres Pemalang dalam upaya mencegah tindak kejahatan begal yang akhir-akhir ini meresahkan masyarakat. “Ini menjadi langkah yang positif bagi kami anggota klub motor,” kata Iqbal. Aksi kejahatan begal dan kejahatan di jalan sudah semestinya harus diperangi bersamasama dengan.

Farid firdaus
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3603 seconds (0.1#10.140)