Kota Bandung Raih Predikat Peduli Lingkungan

Sabtu, 21 Maret 2015 - 10:57 WIB
Kota Bandung Raih Predikat Peduli Lingkungan
Kota Bandung Raih Predikat Peduli Lingkungan
A A A
JAKARTA - Kota Bandung mendapat penghargaan sebagai kota peduli lingkungan Sindo Weekly Government Award 2015 Kamis (19/3). Ridwan Kamil dinilai telah melakukan beragam inovasi terkait pelestarian lingkungan.

Bertempat di Hotel Sultan Jalan Gatot Subroto Jakarta Pusat, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menerima penghargaan yang di serahkan langsung Ketua DPD RI Irman Gusman kepada Ridwan Kamil, disaksikan CEO MNC Media Harry Tanoe soedibjo dan Kepala Bappenas Andrinof Chaniago. “Jadi apresiasi dari masyarakat melalui media terkait upaya upaya inovasi peduli lingkungan khususnya tentang taman taman tematik yang dibangun di Kota Bandung,” ujar pria yang akrab disapa Emil ini kepada wartawan.

Emil mencatat hingga saat ini telah mendapatkan sekitar 130 penghargaan yang diraihnya selama memimpin Kota Bandung sejak dilantik pada September 2013. Berkaitan dengan program program terkait lingkungan yang selama ini di jalankan oleh Pemkot Bandung dinilai mampu meningkatkan indeks kebahagiaan warga Bandung. “Karena ini berkorelasi dengan tingkat kebahagiaan warga yang membuat Bandung masuk dalam kategori kota bahagia dengan menjadikan ruang yang tadinya negatif menjadi ruang positif menjadi lebih hijau lebih terbuka,”katanya.

Sementara itu, CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT) mengatakan, pemberian penghargaan sebagai bentuk apresiasi kepada para kepala daerah yang memiliki prestasi untuk sektor tertentu. Dengan begitu dapat menjadi inspirasi bagi daerah lain untuk lebih bersaing. “Ini penting sekali, karena akan menjadi inspirasi bagi kepala daerah yang lain,” katanya. Menurut HT kepala daerah memiliki peran strategis dalam kemajuan bangsa.

Pasalnya kepala daerah merupakan ujung tombak pembangunan. “Indonesia ini harus memiliki kepala daerah yang tangguh. Karena ujung tombak pembangunan ada di kepala daerah. Pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini sekitar 5-6 persen. Bisa lebih dari itu yakni dengan menumbuhkan perekonomian di daerahnya masing- masing. Sehingga lebih maju bersama sama,”tandasnya.

Dalam acara tersebut ada 38 daerah yang terdiri dari 17 Kabupaten, 16 Kota, dan 5 provinsi yang mendapatkan penghargaan. Penghargaan terbagi dalam 17 kategori, di antaranya pendidikan, kesehatan, ekonomi kreatif, peduli ling kungan, investasi, layanan publik, pariwisata, perempuan dan anak, tata kelola pemerintahan, tolerasi dan keagamaan, kreativitas dan peningkatan PAD, pemuda dan olahraga, ketahaman pangan, pertumbuhan ekonomi, umkm dan koperasi serta heritage.

Di hari yang sama, Wali Kota Bandung M Ridwan Kamil serta delapan tokoh nasional lainnya mendapatkan penghargaan Obsession Award yang diselenggarakan di Bali Room Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta Pusat, Kamis (19/03). Wali Kota Bandung terpilih sebagai Best IT Inovation Mayor atau pemimpin daerah yang banyak melakukan inovasi untuk memajukan daerahnya melalui teknologi informasi. Penghargaan tersebut di serahkan Direktur Media Group Obsession News Andi Nursaiful disaksikan Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kala.

Ridwan Kamil dinominasikan Best Regional Achiever sub kategori Mayors bersama Bima Arya Sugiarto yang menerapkan transparansi dengan aplikasi rekam jejak secara online dan Tri Risma Harini yang berhasil membawa Kota Surabaya menjadi kota inovatif. “Apresiasi masyarakat dan media terkait dengan smart city Kota Bandung, ada command centre, juga teknopolis itu dianggap capaian sehingga diberikan penghargaan,” ujarnya.

Dian rosadi
(bhr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3721 seconds (0.1#10.140)