Nyepi, Tiket KA Ekonomi Habis

Sabtu, 21 Maret 2015 - 10:24 WIB
Nyepi, Tiket KA Ekonomi Habis
Nyepi, Tiket KA Ekonomi Habis
A A A
MEDAN - Menjelang H-1 Nyepi, pemesanan tiket kereta api (KA) untuk kelas ekonomi Medan ke Tanjung Balai dan Medan ke Pematangsiantar diminati masyarakat. Sampai kemarin, Jumat (20/3), tiket KA kelas ekonomi habis terjual.

Kepala Stasiun Kereta Api besar Medan, Anang Subiono menyebutkan, pemesanan tiket menjelangNyepitampakramaisejak kemarin, Kamis (19/3). Tatarata tempat duduk yang tersedia dikelas ekonomi sampai dengan Jumat (18/3) sudah habis terjual. Bahkan, untuk Minggu (22/3), tiket ekonomi tujuan ke Tanjung Balai juga sudah habis. Sedangkan tujuankeSiantarmasih50persen.

“Untuk kelas ekomomi, setiap harinya ada 3 perjalanan Medan ke Tanjung Balai dan ada sekitar 1.800-an tempat duduk yang tersedia. Untuk Kamis dan Jumat sudah habis. Bahkan, perjalanan terakhir pukul 16.36 wib hari Jumat juga sudah full. Tapi, untuk Sabtu (20/3) tempat duduknya masih banyak,” sebut Anang Subiono, kemarin.

Sementara itu, sebut Anang, tiket KA kelas bisnis dan eksekutif menjelang Nyepi masih normal. Dari 3 perjalanan kelas bisnis tujuan Medan ke Rantau Prapat yang terdiri dari 300 tempat duduk, baru 50 persen seat yang terisi. “Untuk kelas eksekutif, dari 4 perjalanan yang terdiri dari 960 tempat duduk setiap harinya juga tidak mengalami peningkatan.

Pemesanannya masih normal-normal saja. Memang, masyarakat banyak yang memesan tiket ekonomi. Karena harganya murah, hanya Rp23.000. Apalagi, keretanya juga sudah pakai AC. Kalau bisnis dan eksekutifkan rata-rata Rp100.000,” sebutnya. Meskipun Bandara Ngurah Rai, Bali tidak beroperasi mulai pukul 06.00 hingga 22.00 WIB pada saat perayaan Nyepi.

Namun, penerbangan dari Bandara Kuala Namu International Airport (KNIA) menuju Bali tidak terpengaruh terkait hal itu. Plh Manager Pelayanan Bandara KNIA, Mardiono mengungkapkan, penerbangan dari Bandara KNIA tidakadamenujubandara NgurahRaisecara langsung, melainkan via Bandung dan Palembang. Walau Bandara Ngurah Rai tidak beroperasi, tidak ada jadwal penerbangan dari Bandara KNIA yang diubah.

“Dari KNIA ada dua penerbangan menuju Bandara Ngurah Rai, Bali yakni Garuda Indonesia dan Lion Air. Namun rute kedua maskapai tersebut tidak terbang secara langsung ke Bali melainkan transit via Bandung dan Palembang. Seperti Garuda Indonesia transit dulu di Palembang. Itu pun, di Palembang pesawatnya diganti dengan pesawat Garuda Indonesia lainnya,” paparnya (20/03).

Mardiono menambahkan, pengaruh ditutupnya Bandara Ngurah Rai, akan berdampak dengan bandara yang memiliki rute penerbangan langsung ke Bali. “Pengaruhnya terhadap bandara yang memiliki rute penerbangan langsung ke Bali seperti Palembang dan Bandung tersebut. Kalau dari KNIA aman-aman saja, tidak ada perubahan jadwal penerbangan sama sekali,” pungkasnya.

Vice President Regional I Garuda Indonesia, M Rizal Pahlevi enggan mengomentari hal tersebut. Melalui pesan singkat BBM, M Rizal Pahlevi hanya mengungkapkan bahwa beliau sedang mengikuti rapat di Jakarta. “Saya lagi meeting di Jakarta, belum terima update info jadwal hari Raya Nyepi,” ungkapnya lewat pesan singkat BBM.

Diketahui, sebanyak 23 maskapai yang terdiri dari 10 maskapai domestik dan 13 maskapai internasional yang tidak beroperasi di saat perayaan Hari Raya Nyepi tersebut. Dari total 23 maskapai tersebut, sebanyak 422 penerbangan tidak beroperasi.

Eko agustyo fb/dicky irawan
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9049 seconds (0.1#10.140)