Sultan HB X Minta Umat Hindu Wujudkan Toleransi

Jum'at, 20 Maret 2015 - 10:53 WIB
Sultan HB X Minta Umat Hindu Wujudkan Toleransi
Sultan HB X Minta Umat Hindu Wujudkan Toleransi
A A A
SLEMAN - Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengajak Umat Hindu untuk meningkatkan keharmonisan dalam hidup berdampingan. Raja Keraton Yogyakarta itu berharap supaya ada sumbangsih nyata umat Hindu dalam mewujudkan toleransi hidup di tengah masyarakat.

"Kehadiran Presiden Joko Widodo dalam Tawur Agung ini semoga menjadi energi baru umat Hindu. Semoga sumbangan nyata umat Hindu penuh toleransi diwujudkan dalam kehidupan," ujar Sultan HB X dalam Tawur Agung Kesanga di pelataran sisi selatan kompleks Candi Prambanan, Sleman, DIY, Jumat (20/3/2015).

Sultan juga berharap kegiatan keagamaan ini mampu menjaga budaya dan harmoni dengan alam dan sesama umat.

"Candi Prambanan merupakan saksi bisu, mahakarya umat Hindu dalam harmoni hidup, menjaga alam, dan mencintai sesama," jelasnya.

Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo hadir dalam acara tersebut. Mengenakan baju putih, orang nomor satu di negeri ini tiba sekira pukul 09.30 bersama rombongan, antara lain Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Gubernur DIY Sri Sultan HB X bersama permaisurinya, serta Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyambut kehadiran Presiden Jokowi. Tahun ini, Pemerintah Provinsi DIY menjadi panita Tawur Agung Kesanga. Rangkaian Peringatan Tahun Baru Saka 1937/2015 M tahun ini bertema 'Membangun Harmoni, Kesadaran Spiritual dan Budaya Nasional'.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5683 seconds (0.1#10.140)