Situs Gua Jepang Terancam Dibongkar

Rabu, 18 Maret 2015 - 10:54 WIB
Situs Gua Jepang Terancam Dibongkar
Situs Gua Jepang Terancam Dibongkar
A A A
PANGANDARAN - Situs Gua Jepang di cagar budaya alam RT 01/01 Desa/Kecamatan/Kabupaten Pangandaran, terancam dibongkar, menyusul adanya rencana pembangunan hotel di lokasi tersebut. Karena pembangunan hotel dipastikan bakal menggerus keberadaan gua.

Kepala Desa Pangandaran Iwan mengatakan, keberadaan situs Gua Jepang secara kebetulan berada di lokasi tanah milik perorangan yang berdomisili di Bandung. Saat ini pemilik tanah akan membangun hotel di tempat tersebut. “Semua pihak sangat menyayangkan apabila situs Gua Jepang tersebut dibongkar,” kata Iwan. Masih dikatakan Iwan, pihak desa akan berkomunikasi de ngan pemilik tanah, karena banyaknya masukan agar Gua Jepang jangan sampai hilang.

“Pihak pemerintah daerah juga telah mengintruksikan kepada kami agar berkomunikasi dengan pemilik lahan. Karena rencananya situs Gua Jepang tersebut akan dibongkar,” tambah Iwan. Dia mengaku, telah diintruksikan sekretaris daerah untuk menahan dulu aktivitas perataan tanah. Kemudian melaksanakan survey akademis berkenaan dengan sejarah situs Gua Jepang tersebut.

“Kami akan mengkaji secara akademis apakah situs tersebut mempunyai sejarah atau tidak. Kami nanti akan bernegosiasi dengan pemilik tanah agar keberadaan situs Gua Jepang tidak diganggu,” jelasnya.

Sementara itu, salah satu pemandu wisata yang berada di lingkungan cagar budaya situs Gua Jepang Asep, 30, merasa prihatin apabila Gua Jepang harus dibongkar. Sebab situs itu merupakan salah satu aset untuk mempromosikan daerah wisata tersebut. “Kami sebagai pemandu wisata tidak setuju apabila situs Gua Jepang dibongkar,” tegas Asep.

Syamsul ma’arif
(bhr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7744 seconds (0.1#10.140)