Hasil Musyawarah, Giri Gantikan ESP

Selasa, 17 Maret 2015 - 16:14 WIB
Hasil Musyawarah, Giri Gantikan ESP
Hasil Musyawarah, Giri Gantikan ESP
A A A
PALEMBANG - Konferda DPD PDI Perjuangan (PDIP) Sumatera Selatan (Sumsel) akhirnya, resmi menetapkan Giri Ramanda Kiemas sebagai ketua DPD PDIP Sumsel periode 2015-2020, menggantikan Eddy Santana Putra (ESP).

Terpilihnya Giri yang juga menjabat Ketua DPRD Sumsel tersebut, diklaim PDIP dilakukan me lalui mekanisme konferda yang digelar secara musyawarah mufakat dalam suasana kekeluargaan, di Hotel Swarna Dwipa Palembang, kemarin. Giri Ramanda Kiemas menggantikan posisi ESP yang selama dua periode menjabat ketua DPD partai banteng bermoncong putih ini di Sumsel.

Ketua Panitia Konferda PDIP Sumsel Darmadi Djufri mengatakan, proses pelaksanaan musyawarah untuk mu fakat telah mencapai kata sepakat. DPP mengumumkan tiga nama kandidat untuk mengisi kursi orang nomor satu di kepengurusan PDIP Sumsel untuk periode lima tahun mendatang, yakni Giri Ramanda Kiemas, Dar madi Djufri, dan Yudha Rinaldi.

“Tiga nama ini yang diumumkan saat berlangsungnya konferensi. Dan kami bertiga ke mu dian melakukan mu syawarah untuk menentukan siapa yang berhak dan paling pantas menduduki jabatan tersebut,” kata Darmadi ditemui usai konferda, kemarin. Menurut dia, selama proses pe laksanaan musyarawah tiga orang kandidat tersebut melakukan proses untuk mencapai mufakat secara tertutup, yang pada ak hirnya menyepakati Giri Ramanda Kiemas untuk memimpin DPD PDIP Sumsel.

“Ya, akhirnya sepakat memilih Giri untuk memimpin DPD PDI Perjuangan Sumsel,” papar Da r madi. Ditambahkannya, selama berlangsungnya proses musyawa rah itu pula, tidak ada kendala yang berarti karena semua proses didahului dengan rasa persatuan dan kebersamaan. “Tidak ada kendala, dan kami bertiga sepakat untuk memilih Giri,” ungkapnya.

Seperti diketahui, pada dasarnya sejak awal nama Giri Ra manda Kiemas memang dijagokan sejumlah pihak untuk memimpin DPD PDIP Sumsel. Beberapa orang saingan dekatnya, seperti M Aliandra Gantada, Darmadi Djufri, dan Erwin Si ngajuru cukup dijagokan untuk memimpin PDIP di Sumsel. “Nah, dalam proses selanjutnya Formatur yang menentukan kepengurusan, hingga akhirnya Ketua DPD PDI Perjuangan Sumsel resmi dijabat Giri Ramanda Kiemas, dengan Sekretaris Ilyas Panji Alam, dan Yudha Rinaldi sebagai Bendahara DPD,” sambung Darmadi.

Darmadi sendiri menjabat sebagai wakil ketua bidang politik, hukum, dan keamanan. Setelah, terbentuk kepengurusan, para pengurus DPD PDIP Sum sel, periode 2015-2020 kemudian dilantik secara resmi oleh pengurus DPP PDIP. Di kesempatan yang sama, Ketua DPP PDIP Rohimin Dahuri mengatakan, terpilihnya Giri Ramanda Kiemas sebagai ketua DPD PDIP Sumsel merupakan hasil musyawarah dan mu fakat antar pengurus partai banteng ini di tingkat DPD yang sebelumnya telah diusulkan dan melewati proses serta tahapan penjaringan.

”Musyawarah mu fakat me nyepakati Giri Ramanda Kiemas sebagai ketua. Sementara Ilyas Panji Alam sebagai Sekretaris dan Yudha Renaldi menjabat Bendahara,” tandas dia. Sementara itu, mantan Ketua DPD PDIP Sumsel ESP me ngatakan, terpilihnya Giri Raman da Kiemas sebagai ketua DPD PDIP Sumsel, merupakan bukti bahwa partai berlambang banteng moncong putih ini diSumsel, tidak kekurangan kader.

“Giri merupakan kader muda potensial yang dapat membawa partai menjadi lebih baik da ri era sebelumnya,” sebut ESP. Dijelaskannya, dibawah kepemimpinan Giri Ramanda diharapkan PDIP Sumsel dapat menjadi lebih baik dan dapat mengalahkan sejumlah partai besar lainnya yang selama ini cukup dominan memenangkan pertarungan pemilihan kepala daerah (pilkada) diSumsel.

Terlebih lagi pada 2015 ini tujuh kabupaten di Sumsel akan menyelenggarakan pilkada serentak. “Seperti yang saya sampaikan sebelumnya PDIP tidak ke kurangan kader. Pengkaderan terbukti dapat membawa kader-kader muda menjadi pemim pin,” pungkas dia.

Muhammad uzair
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0042 seconds (0.1#10.140)