Petugas Buang Sampah ke Sungai

Selasa, 17 Maret 2015 - 16:05 WIB
Petugas Buang Sampah ke Sungai
Petugas Buang Sampah ke Sungai
A A A
MEDAN - Dinas Kebersihan Kota Medan diminta menindak tegas oknum petugas kebersihan yang bertugas di Tempat Pembuangan Sementara (TPS) bantaran Sungai Parbus di Jalan Mabar (perbatasan Medan Timur dan Medan Perjuangan).

Pasalnya, para petugas kebersihan itu kerap membuang sampah yang mereka kumpulkan ke sungai. Akibatnya banyak masyarakat melakukan hal serupa. “Pemerintah Kota (Pemko) Medan selalu mengampanyekan tidak membuang sampah ke sungai dan drainase. Tapi malah petugas kebersihan yang seenaknya membuang sampah ke sungai. Parahnya lagi, tidak ada tindakan dilakukan oleh atasannya,” kata salah satu warga Jalan Mabar, Dedi Mulia, 35, kepada KORAN SINDO MEDAN, Senin (16/3).

Menurutnya, dengan aktivitas yang dilakukan petugas kebersihan setiap hari membuang sampah ke sungai, mengakibatkan permukaan sungai dibanjiri sampah. Ketika hujan deras, sampah tersebut hanyut terbawa air menuju hilir. Sebaliknya, jika musim kemarau, sampah yang sebagian besar dari rumah tangga itu hanya mengapung di permukaan sungai.

Kepala Dinas Kebersihan selaku pihak yang bertanggung jawab, dinilai sudah seharusnya turun tangan memantau kondisi tersebut. “Wali kota Medan harus turun tangan memantau kondisi Sungai Parbus itu, dan menindak petugas karena Kepala Dinas Kebersihan Medan terlihat diam saja. Pembuangan sampah ini sudah berlanjut beberapa tahun belakangan,” katanya.

Lebih lanjut, dia menceritakan, setiap hari petugas kebersihan memilah sampah di kawasan tersebut, dimana sebagian sampah dimasukkan ke truk pengangkut sampah, dan sebagian lagi dibuang ke sungai. Apabila melintas di Jalan HM Yamin, warga akan melihat banyaknya sampah di aliran sungai tersebut. Keluhan senada disampaikan Hernawati, 43, warga yang sering melintasi di Jalan Mabar.

Dia mengatakan, sangat ironis melihat keberadaan TPS. Selain berada di bantaran sungai, juga di seberang TPS ada tempat pemakaman. “Setidaknya keberadaan TPS itu agar warga tidak membuang sampah sembarangan. Ini buktinya sampah dibuang sembarangan ke sungai, dimana pinggiran pemakaman terlihat jorok,” katanya.

Dia mengakui selama ini warga sekitar sangat resah dengan tindakan petugas kebersihan tersebut. Namun, warga merasa kebingungan ketika hendak mengadu. Pasalnya, TPS berada di perbatasan kecamatan. Untuk itu dia meminta Dinas Kebersihan turun tangan menyikapinya.

Irwan siregar
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6466 seconds (0.1#10.140)