Modal Prestasi Bisa Masuk Lebih Dini

Minggu, 15 Maret 2015 - 10:23 WIB
Modal Prestasi Bisa...
Modal Prestasi Bisa Masuk Lebih Dini
A A A
SEMARANG - Akhir kalender akademik sekolah tahun ajaran 2014/2015 boleh saja baru akan berakhir sekitar 3 bulan lagi. Namun, bukan berarti para siswa tidak bisa menentukan pilihan dari sekarang.

Salah satu pilihannya adalah memburu perguruan tinggi berstatus negeri (PTN) bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Sebab, pendaftaran seleksi mahasiswa nasional perguruan tinggi negeri (SNMPTN) sudah dibuka, dan berakhir hari ini. Di Jawa Tengah tercatat lima PTN tergabung dalam seleksi tahunan tersebut. Total kuota untuk para mahasiswa baru lewat jalur ini sebanyak 11.358 orang (lihat grafis ).

SNMPTN dibuka lebih dini (tak harus menunggu selesainya kalender akademik), karena program ini bisa disebut pencarian siswa yang dinilai layak untuk masuk perguruan tinggi negeri. Namun, semuanya lewat berbagai verifikasi yang telah disosialisasikan ke sekolah.

Tahapan masuk PTN selama ini terbagi tiga kategori. Selain SNMPTN, juga digelar seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) maupun jalur mandiri dari masing-masing kampus. Esti, salah satu siswa kelas XII SMAN 12 Kota Semarang, mengaku mencoba mengikuti SNMPTN karena merasa memiliki prestasi akademik yang layak.

Selain itu, dia tidak harus repot mengurus persyaratan. “Karenadata-datasudahsiapdi sekolah. Tinggal kita ajukan, dan ada peluang bisa kuliah di kampus negeri,” katanya kemarin. Apalagi mulai tahun ini nilai ujian nasional (UN) tidak menjadi pertimbangan kelulusan.“Jadi saat ajaran sekolah sudah selesai, tak perlu repot lagi cari tujuan kuliah di kampus negeri, jika diterima lewat SNMPTN ini,” ujar Esti.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Kota Semarang Kastri Wahyuni mengatakan ratusan siswanya juga mengikuti tahapan SNMPTN tahun ini. Kemarin tercatat sebanyak 459 siswanya mendaftar. “Yang sudah finalisasi sebanyak 451 siswa,” ucapnya. Ketua Panitia SNMPTN Universitas Negeri Semarang (Unnes) Sugianto menyebutkan, jumlah pendaftar SNMPTN dari menit ke menit selalu terjadi perubahan.

“Namun sesuai dengan pengalaman tahun-tahun lalu, para pendaftar umumnya semakin ramai menjelang penutupan pendaftaran,” katanya. Tahun ini Unnes menargetkan jumlah pendaftar SNMPTN sebanyak 45.000 orang. Tahun lalu jumlah pendaftar Unnes mencapai 55.000 lebih. “Pendaftaran secara online pada SNMPTN kali ini, akan ditutup pada 15 Maret (hari ini),” paparnya.

Wakil Rektor I UIN Walisongo Semarang Musahadi mengaku hanya membuka program studi umum. Sementara program studi Agama dibuka pada skema Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN). “Kami sudah menyampaikan sejak awal sosialisasi berdasarkan keputusan Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri (MRPTN) tahun 2014,” ungkapnya.

Penyampaian pada sosialisasi awal agar pendaftar tidak bingung. Sebab, ini merupakan tahun pertama UIN mengikuti SNMPTN dengan membuka program studi umum. “Prodi yang kita buka antara lain Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Fisika, dan Pendidikan Biologi,” tandasnya.

Susilo himawan/muh slamet
(bhr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0809 seconds (0.1#10.140)