Purnawirawan TNI Wajib Jaga Nama Baik

Jum'at, 13 Maret 2015 - 11:34 WIB
Purnawirawan TNI Wajib Jaga Nama Baik
Purnawirawan TNI Wajib Jaga Nama Baik
A A A
MUARAENIM - Komadan Distrik Militer (Dandim) 0404 Muaraenim Letkol Inf Ruslan meminta kepada anggotanya sudah pensiun atau purnawirawan untuk selalu menjaga nama baik diri pribadi dan kesatuan.

Hal tersebut diungkapkan Ruslan saat memberikan pengarahan kepada 18 orang personel Kodim 0404 Muaraenim yang akan memasuki Masa Persiapan Pensiun (MPP) di aula Makodim 0404 Muaraenim kemarin. Karena menurut perwira melati dua itu, meskipun nanti sudah pensiun, mereka nanti tetap akan dikenal masyarakat sebagai bagian dari TNI.

“Untuk itu saya tekankan dan saya imbau, nanti setelah berada dan kembali ke masyarakat dan menjadi bagian langsung dari masyarakat untuk selalu menjaga nama baik diri sendiri dan kesatuan dimana kita mengabdi sebelum kembali ke masyarakat karena sudah purnawirawan,” tegasnya. Lebih lanjut dia mengatakan, setelah mereka nanti kembali ke masyarakat dan dibebas tugaskan dari jabatan mereka sebagai anggota TNI.

Peran mereka nanti sangat dibutuhkan dalam lingkungan masyarakat. Untuk itu, mengedepankan etika dan menjaga nama baik sangatlah penting. Sehingga keberadaan dan peran mereka di masyarakat memberikan manfaat, terutama dalam hal kedisiplinan, etos kerja sifat gotong royong.

“Berikanlah contoh kepada masyarakat, meskipun tidak lagi berdinas namun peran dan tanggung jawab mengemban nama baik kesatuan harus diutamakan,” tegasnya. Selain memberikan arahan kepada 18 orang personel Kodim 0404 yang memasuki MPP, Dandim dalam kesempatan juga memberikan penghargaan atas pengabdian para anggota TNI tersebut selama berdinas di militer atau ketentaraan.

Dandim mengatakan, tradisi seperti itu sudah menjadi tradisi rutin di setiap kesatuan. Hal itu menurutnya sebagai bentuk penghargaan kepada prajurit TNI yang sudah selesai masa tugas atau berdinas sebagai anggota TNI. MPP sendiri menurutnya berlaku kurang lebih 1 tahun. Dengan kata lain, selama 1 tahun ke depan mereka masih aktif sebagai anggota TNI, namun tugas dan tanggung jawab mereka tidak lagi sebesar saat mereka belum memasuki MPP.

“Ini bentuk perhatian dan penghargaan atas pengabdian mereka selama menjalankan tugas dan berdinas di TNI. Peran dan fungsi mereka selama menjalankan tugas jelas sangat bermanfaat bagi korps, kesatuan terutama kepada bangsa dan negara dan mereka patut untuk mendapat penghargaan,” ujarnya. Dengan adanya personel TNI yang akan memasuki MPP, personel Kodim 0404 Muaraenim akan melakukan penambahan personel sesuai dengan jumlah pengurangan karena pensiun.

Saat ini menurut Dandim, jum lah personel TNI di bawah naungan Kodim 0404 Muaraenim sebanyak 275 personel. “Jumlah itu tersebar ada yang di Mako Dandim dan Delapan Koramil di bawah naungan Kodim 0404 Muaraenim,” paparnya.

Sementara Dan Unit Intel 0404 Muaraenim Lettu Czi Sarbanu menambahkan, ke-18 personel TNI tersebut 1 orang diantaranya memiliki pangkat terakhir Kapten yaitu atas nama Kapten Inf Masrul dengan jabatan sekarang adalah Komandan Rayon Militer (Danramil) Prabumulih. “Ada 1 orang dengan pangkat perwira pertama, selebihnya adalah bintara dan tamtama,” ujarnya.

Irhamudin s parmato
(bhr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6254 seconds (0.1#10.140)