Toko Emas Diimbau Pasang CCTV

Jum'at, 13 Maret 2015 - 11:10 WIB
Toko Emas Diimbau Pasang CCTV
Toko Emas Diimbau Pasang CCTV
A A A
SUBANG - Pemilik toko emas dan toko modern di Kabupaten Subang diimbau segera memasang closed circuit television (CCTV), guna mendeteksi secara dini terjadinya kejahatan. Pasalnya, saat ini, ratusan toko emas yang ada diketahui belum memasang CCTV. Sehingga sangat rawan menjadi sasaran empuk pelaku kejahatan.

Kapolsek Cisalak AKP Joni Wardi mengatakan, jumlah toko emas di wilayah hukumnya mencapai puluhan buah. Namun, tak satu pun yang di lengkapi dengan kamera CCTV. Hal ini dikhawatirkan rawan memicu terjadinya aksi kejahatan.

“Hampir 100% puluhan toko emas di sini gak pasang CCTV. Kami menyesalkan para pemiliknya belum juga pasang CCTV. Kami berharap mereka segera memasangnya untuk mengurangi risiko terjadinya hal yang tidak diinginkan,”ujar AKP Joni kepada KORAN SINDO kemarin.

Imbauan pemasangan kamera CCTV di setiap toko emas dan toko modern (supermarket) merupakan instruksi langsung dari Kapolres Subang AKBP Harry Kurniawan untuk menekan aksi kejahatan. Imbauan ditindaklanjuti dengan sosialisasi kepada setiap pemilik toko dan meminta mereka segera melengkapi tokonya dengan CCTV.

Dia menegaskan, pemasangan kamera CCTV sangat penting untuk keamanan dan memermudah melacak pelaku manakala terjadi tindak kejahatan. “Dari hasil peninjauan ke lapangan, nyaris seluruh toko emas di daerah sini belum pakai CC TV. Yang sudah pasang itu baru dua toko modern saja. Mereka harus segera memasangnya, ini perintah kapolres,” ucap nya.

Selain mengimbau pemasangan CCTV, pihaknya juga melakukan sejumlah langkah preventif untuk mengatasi maraknya tindak kejahatan. Diantaranya, dengan mengaktifkan kembali ronda malam (siskamling), meningkatkan patroli dan sosialisasi hukum di masyarakat. Seorang pemilik toko emas di kawasan Cisalak, Aziz, mengaku khawatir tokonya jadi sasaran aksi kejahatan.

Karena itu, dia bersama para pemilik toko emas lainnya sepakat bakal segera melengkapi tokonya dengan memasang CCTV. “Sejauh ini, di daerah kami memang jarang terjadi aksi kejahatan, situasinya cukup kondusif. Tapi rasa khawatir sih tetap ada. Makanya untuk jaga-jaga, kami akan secepatnya laksanakan imbauan polisi untuk pasang kamera CCTV di toko,”pungkasnya.

Usep husaeni
(bhr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5125 seconds (0.1#10.140)