Sejumlah Jalan Provinsi dan Kabupaten di Brebes Tak Bisa Dilewati

Jum'at, 13 Maret 2015 - 03:02 WIB
Sejumlah Jalan Provinsi dan Kabupaten di Brebes Tak Bisa Dilewati
Sejumlah Jalan Provinsi dan Kabupaten di Brebes Tak Bisa Dilewati
A A A
BREBES - Sejumlah Jalan provinsi dan kabupaten di Kecamatan Salem dan Bantarkawung, Brebes tertutup timbunan material tanah longsor sehingga tak bisa dilewati kendaraan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Brebes Satibi mengungkapkan, longsor disertai banjir mengakibatkan sejumlah titik akses jalan provinsi dan kabupaten tak dapat dilalui karena tertutup material tanah dan pohon yang tumbang.

Beberapa di antaranya hingga hari ini masih belum dapat dilewati kendaraan dan ada yang terancam putus.

"Jalan provinsi yang tertutup material longsor yakni jalan yang menghubungkan Salem-Bantarkawung. Ada tiga titik yang tertutup dan saat ini baru bisa dilewati oleh kendaraan roda dua," kata Satibi kepada Sindonews.com, Kamis (12/3/2015).

Ruas jalan yang menghubungkan Salem-Cikumbang juga tertutup aksesnya di tiga titik. Jalan kabupaten tersebut bahkan terancam putus karena terdapat badan jalan yang tergerus hujan. "Satu akses jalan lagi yang tertutup longsor di ruas Sindangwangi-Jetak," timpal Satibi.

Satibi menyatakan puluhan personel BPBD, TNI, Polri, relawan SAR, PMI serta dibantu warga masih terus berupaya untuk membersihkan material tanah yang masih menutup sejumlah akses jalan vital bagi mobilitas masyarakat tersebut.

Diharapkan seluruh akses jalan sudah bisa dilalui kembali besok. "Upaya membuka akses jalan yang tertutup sudah dilakukan sejak pagi tadi dan terus dilanjutkan sampai besok," tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, longsor disertai banjir bandang menerjang sejumlah desa di Kecamatan Salem dan Bantarkawung, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Satu orang tewas, satu lainnya hilang.

Saat dihubungi Sindonews.com, Kamis (12/3/2015) malam, Koordinator Tim SAR Kabupaten Brebes Adhe Dhani Raharjo mengungkapkan, longsor terjadi Rabu malam lalu sekitar pukul 19.00 WIB, setelah hujan deras terus mengguyur wilayah Brebes selatan sejak beberapa hari terakhir.

Korban tewas adalah Warsudin (70), warga Desa Citimbang, Kecamatan Salem. Mayat Warsudin ditemukan tertimbun material tanah longsor sekitar 200 meter dari rumahnya sekitar pukul 07.00 WIB.

Sementara menantunya, Endo (27), diduga hilang terseret banjir bercampur material tanah yang longsor. Korban hingga malam ini masih dalam pencarian Tim SAR gabungan.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7985 seconds (0.1#10.140)