Ada Istana Maimun di MTQ Kota Medan

Kamis, 12 Maret 2015 - 08:47 WIB
Ada Istana Maimun di MTQ Kota Medan
Ada Istana Maimun di MTQ Kota Medan
A A A
MEDAN - Kemegahan Istana Maimun atau disebut Istana Putri Hijau, tidak hanya bisa dilihat di Jalan Brigjen Katamso, Kecamatan Medan Maimun saja.

Warga yang belum sempat bertandang ke Medan Maimun bisa langsung melihat bangunan mirip Istana Maimun di lokasi MTQ ke-48 Kota Medan, Jalan Gatot Subroto eks Taman Ria.Bangunan yang didominasi warna kuning itu dibuat berdasarkan persetujuan Camat Medan Maimun, Yasir Riska, serta mendapatkan dukungan dari warganya.

Panitia membangun sebuah stan besar dengan bangunan menyerupai Istana Maimun berwarna dominan kuning dan kubah hitam. Stan yang berada di tengah sebelah kiri ketika masuk kawasan MTQ bukan hanya mengandalkan replika yang memiliki nilai sejarah tersebut. Lebih dari itu, ketika memasuki ruangan stan, terlihat sejumlah baju dengan motif serta gambar Istana Maimun dengan semua ukuran. Lalu, kopiah dan sarung juga menggunakan motif Istana Maimun.

Untuk menarik perhatian pengunjung yang datang, stan milik Medan Maimun juga diisi produk kerajinan tangan milik Syafri Ali dan Roma Girsang yang sudah go international. Adapun produk tersebut adalah kotak tisu, tempat lilin, tempat pensil, vas bunga, vas bunga tinggi, dan sapu lidi. Seperti stan pada umumnya, kurang lengkap rasanya jika tidak disertai berbagai jenis makanan.

Di sini, stan yang memiliki dua pasang jendela itu memamerkan makanan hasil kerajinan tangan warga sendiri, seperti kue jahe, kue raja manis, bawang, bumbu pecel, keripik pisang, donat dan peyek. Selain itu, ada buku-buku islami dan Alquran yang bisa menambah wawasan pengunjung.

Renta Marpaung dan Murniati sebagai penjaga stan tersebut mengatakan, pemilihan stan dengan bentuk Istana Maimun mini ini adalah gambaran Kecamatan Medan Maimun yang memiliki tempat bersejarah. Istana Maimun mini ini sudah kerap diandalkan dalam MTQ kota dan beberapa kali mendapatkan juara dua. Mereka mengharapkan tahun ini stan milik mereka memperoleh juara kembali.

“Salah satu tempat bersejarah di Medan Maimun dan yang terkenal adalah Istana Maimun. Makanya kami sering menjadikannya sebagai stan. Walaupun sudah banyak dikenal orang, kami ingin Istana Maimun semakin populer,” kata Renta Marpaung, Rabu (11/3).

Irwan siregar
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6615 seconds (0.1#10.140)