Musik Khas Sumsel Warnai Musi Jazz Sriwijaya 2015

Rabu, 11 Maret 2015 - 10:11 WIB
Musik Khas Sumsel Warnai...
Musik Khas Sumsel Warnai Musi Jazz Sriwijaya 2015
A A A
PALEMBANG - Kolaborasi musik jaz dan alat musik daerah khas Palembang mewarnai gelaran Musi Jazz Sriwijaya 2015 di ge dung PSCC, kemarin.

Sederet lagu daerah di antaranya Batang Hari Sem - bilandanCukMakIlangmengalun. Gelaran Musi Jazz Sriwijaya (MJS) 2015 juga menghadirkan penampilkan siswa–siswi SD IBA Palembang yang memainkan alat mu sik terompa, sebelum penampil an tamu istimewa, musisi jaz asal Amerika, Anthony Stanco dan Crucial Element.

Penikmat mu sik yang memenuhi tribun pe - nonton tak sabar menunggu aksi keduanya dan juga penampilan gitaris jaz asal Bali, Balawan. Pada puncaknya, Anthony Stan co dan Crucial Element pun tam pil memukau sekitar pukul 21.50 WIB. Anthony dikenal beraliran pure jazz ini sangat interaktif. Demi menyapa seluruh pe - ngunjung di tribun bawah, sembari memainkan terompet, Anthony dengan semangat turun pang gung.

“Saya sangat bangga tampil di Indonesia dan tentu saja Palembang. Saya juga berterima kasih dengan Konsulat Amerika yang membawanya hingga ke Sumatera. Saya mengapresiasi masyarakat dan pencinta musik jaz yang begitu antusias,” ungkapnya. Di akhir penampilannya, Anthony mengaku bangga dengan musisi dan masyarakat Palem - bang. “Palembang tidak kalah dengan Jakarta, bahkan lebih luar biasa,” ucapnya.

Pada penampilan lainnya, gi - taris jaz asal Bali ini, Balawan memukau dengan permainan gitar teknik touch tapping style yang khas. Sejumlah lagu dimainkan, di antaranya What a Wonderfull World, semua bisa bilang ciptaan Charles Hutagalung. Selain itu, penyanyi lokal asal Sumsel pun menyanyikan lagu Mirasantika yang populer dinyanyikan oleh Rhoma Irama. Tak kalah menariknya, Nana Lee menyanyikan lagu Sometimes dan memainkan langsung saksofonnya.

Sementara itu, Y. Robert Ewing, Konsulat Amerika Serikat untuk Indonesia mengatakan, melalui program ini ia berharap, mem - bawa salah satu bentuk seni asli Amerika yang telah dikenal luas oleh dunia. “Kami sangat senang Stanco dapat hadir di Sumatera termasuk di Palembang. Program ini diadakan berkat kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sumsel yang pertama kali digelar di Sumsel,” katanya.

Gubernur Alex Noerdin yang sempat bernyanyi bersama Anthony mengatakan, pihaknya sangat mendukung kegiatan seni dan budaya. “Kegiatan seperti Musi Jazz Sriwijaya ini kita dukung,” ujarnya tadi malam.

Retno palupi
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1679 seconds (0.1#10.140)